Sabila, Faradila Azzahra Noor Sabila (2024) Eksplorasi blended math-sci sensemaking siswa sma pada mekanika / Faradila Azzahra Noor Sabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Blended Math-Sci Sensemaking yang dimiliki siswa SMA dan faktor-faktor yang memengaruhi pada materi mekanika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian mixed method dengan desain penelitian sequential explanatory. Responden yang terlibat adalah 24 siswa kelas X dan 41 siswa kelas XI SMA Panjura Kota Malang yang telah mempelajari materi mekanika. Teknik pengambilan data instrumen soal dilakukan dengan cluster random sampling sedangkan teknik pengambilan data wawancara dilakukan dengan purposive sampling. Sebelum dianalisis instrumen soal dilakukan uji empirik kemudian hasilnya dianalisis menggunakan aplikasi microsoft excel. Hasil analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa secara umum Blended Math-Sci Sensemaking yang dimiliki siswa kelas XI lebih tinggi daripada kelas X tetapi masih ada beberapa siswa yang tidak termasuk pada kelompok mayoritas. Kemudian dipilih beberapa siswa yang relevan untuk diwawancara agar mendapatkan informasi lebih mendalam mengenai Blended Math-Sci Sensemaking siswa. Hasil wawancara menunjukkan kesesuaian dengan analisis data kuantitatif secara umum kelas XI memiliki kemampuan logika yang lebih matang sehingga menekan kemampuan sensemaking siswa memiliki pengalaman observasi dan menyelesaikan persoalan-persoalan matematis yang lebih banyak dan kemampuan mengombinasikan kemampuan verbal dan matematis sebagai sarana penyelesaian masalah fisika dalam kehidupan sehari-hari lebih tinggi daripada kelas X. Kemampuan Blended Math-Sci Sensemaking siswa kelas XI dan X cenderung stabil dan konsisten di setiap level sehingga secara keseluruhan kemampuan Blended Math-Sci Sensemaking siswa kelas XI lebih tinggi dari kelas X namun secara khusus ditemukan sebagian kecil siswa kelas X yang berada pada tingkat atas dikarenakan memiliki kemauan yang kuat untuk belajar materi selanjutnya selain itu ditemukan juga sebagian kecil kelas XI yang berada pada tingkat bawah dikarenakan kurangnya keinginan untuk mengulang materi-materi yang telah dipelajari pada jenjang pendidikan sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311259 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |