Mirantika, Ratna Mirantika (2024) Pengaruh pembelajaran berbasis vektor terintegrasi learning cycle 5e terhadap peningkatan penguasaan konsep kinematika dua dimensi / Ratna Mirantika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis vektor yang dikemas dalam siklus belajar 5E terhadap peningkatkan pengusaan konsep siswa SMA pada materi kinematika dua dimensi. Konsep materi ini penting untuk dimiliki oleh siswa karena sebagai dasar pemahaman konsep selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan one group pretest and posttest design. Data dalam penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari analisis skor pretest dan posttest. Subjek penelitian adalah 8 siswa kelas XI MIPA salah satu SMA swasta di Kota Malang tahun ajaran 2023/2024. Hasil analisa data kuantitatif menunjukkan adanya peningkatan rata-rata dari skor pretest 2 88 ke posttest 8 5 di mana keduanya berbeda secara statistik dengan p 0 011. Selain itu peningkatan penguasaan konsep siswa dapat ditunjukkan dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0 61 yang termasuk ke dalam kategori medium atas. Peningkatan pemahaman konsep tersebut dikarenakan adanya pengalaman dari hasil belajar siswa ketika mengerjakan LKPD berbasis vektor. Selain itu dari hasil analisis siswa yang masih menjawab salah soal posttest dapat diketahui bahwa terdapat siswa yang masih mengalami beberapa kesulitan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis vektor yang terintegrasi Learning Cycle 5E yang telah dilakukan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi kinematika dua dimensi menjadi lebih baik meskipun masih meninggalkan kesulitan-kesulitan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311258 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |