Wulansari, Hesti Indah Wulansari (2024) Pengaruh penggunaan formative feedback dengan paper-mode quizizz terhadap penguasaan konsep siswa pada fluida statis / Hesti Indah Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penguasaan konsep fluida statis siswa masih rendah dan perlu diatasi. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah menerapkan formative feedback dengan paper-mode Quizizz. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh formative feedback dengan paper-mode Quizizz terhadap penguasaan konsep fluida statis. Penelitian quasi-experiment menggunakan pretest-posttest non-equivalent control group design dilakukan di salah satu MA Negeri di Kabupaten Tulungagung. Subjek penelitian adalah 61 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari 18 soal pilihan ganda yang telah divalidasi ahli dan diuji empiris dengan reliabilitas Cronbach rsquo s Alpha sebesar 0 721. Analisis data dilakukan menggunakan uji Mann Whitney untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Formative feedback dengan paper-mode Quizizz dikatakan berpengaruh jika nilai Asymp. Sig (2-tailed) pada uji Mann Whitney lebih kecil dari 0 05. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pada pretest namun terdapat perbedaan pada posttest kedua kelas. Rata-rata penguasaan konsep kelas eksperimen lebih tinggi dengan nilai 77 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 57. Hal ini menunjukkan bahwa formative feedback dengan paper-mode Quizizz memiliki pengaruh terhadap penguasaan konsep siswa pada materi fluida statis dan dapat meningkatkan penguasaan konsep fluida statis dengan skor n-gain sebesar 0 43 termasuk kategori sedang. Perhitungan n-gain tiap submateri menunjukkan terjadi peningkatan di tiap submateri dengan peningkatan tertinggi pada Hukum Pascal dengan skor n-gain 0 59. Perhitungan n-gain tiap indikator menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan konsep di tiap indikator dan peningkatan tertinggi terjadi pada indikator C3 dengan skor n-gain 0 95. Saran untuk penelitian selanjutnya agar menyusun rencana pembelajaran dengan alokasi waktu yang tepat agar proses pembelajaran dan penilaian formatif dapat berjalan maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311256 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |