Ibadiyah, Muflikhatul Ibadiyah (2024) Peningkatan pemahaman konsep-konsep listrik arus searah dengan virtual lab phet menggunakan model pembelajaran learning cycle 5e pada siswa sma / Muflikhatul Ibadiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Energi listrik pada kehidupan sehari-hari mengharuskan setiap individu mampu memahami konsep dasar kelistrikan termasuk rangkaian listrik arus searah. Namun demikian banyak laporan penelitian yang mengungkap kesulitan siswa memahami konsep-konsep dasar tersebut. Salah satu penyebab kesulitan siswa adalah dalam memvisualisasikan konsep-konsep listrik arus searah. Keberadaan perangkat laboratorium virtual seperti Lab PhET misalnya memungkinkan guru merancang pembelajaran untuk memvisualkan konsep-konsep tersebut. Pada penelitian ini telah dirancang dan diterapkan penggunaan simulasi Phet untuk mengajarkan ide-ide penting rangkaian listrik arus searah. Pembelajaran dikemas dalam sekuensi Learning Cycle 5E. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas pembelajaran yang telah dikembangkan untuk meningkatkan penguasaan konsep-konsep rangkaian arus searah di jenjang SMA. Subjek penelitian melibatkan 27 siswa kelas XII di salah satu SMA Negeri di Ngoro Jombang. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment-One Group Pretest Posttest. Untuk mengukur pemahaman konsep siswa digunakan 23 butir soal yang diambil dari DIRECT Determining and Interpreting Resistive Electric Circuit Concepts Test (Engelhardt amp Beichner 2004). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor pretest 6 259 ke posttest 12 222 yang signifikan secara statistik (p 0 00) dengan N-Gain sebesar 0 35 yang masuk kategori medium bawah. Selain itu penelitian ini juga memberi pengalaman pertama kepada siswa untuk belajar fisika berbantuan Virtual Lab PhET.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311250 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |