Pengembangan e-module berbasis kontekstual dengan tes diagnostik pada peserta didik untuk mereduksi miskonsepsi materi hukum newton / Ririn Solehah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis kontekstual dengan tes diagnostik pada peserta didik untuk mereduksi miskonsepsi materi hukum newton / Ririn Solehah

Solehah, Ririn Solehah (2024) Pengembangan e-module berbasis kontekstual dengan tes diagnostik pada peserta didik untuk mereduksi miskonsepsi materi hukum newton / Ririn Solehah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan e-module berbasis kontekstual dengan tes diagnostik pada materi Hukum Newton untuk mereduksi miskonsepsi pada peserta didik dengan produk yang valid praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model 4D (Define Design Development Disseminate). Sampel penelitian menggunakan dua kelas XI Saintek di SMA Negeri 2 Pare dengan jumlah 71 peserta didik yang menempuh materi Hukum Newton. Sebelum diujicobakan produk telah divalidasi oleh ahli materi maupun ahli media. Berdasarkan hasil angket validasi materi dan media memperoleh persentase 92% dan 86% yang berarti media sangat valid digunakan. Selanjutnya uji kepraktisan dilakukan pada 36 peserta didik membuktikan bahwa media sangat praktis digunakan dengan memperoleh persentase sebesar 95%. Kemudian dilakukan uji keefektifan dengan menggunakan metode kuantitatif yakni Pretest-Postest Control Group Design dengan memberikan pretest dan posttest berupa three tier test diagnostic. Analisis Independent Sample t-Test memperoleh probabilitas p-value lt 0 05 menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu penggunaan e-module berbasis kontekstual dengan tes diagnostik memiliki perbedaan signifikan terhadap konsepsi peserta didik antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis uji DQM menunjukkan bahwa terjadi penurunan miskonsepsi rata-rata 31% pada kelas eksperimen dan kelas kontrol rata-rata sebesar 12%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media valid praktis dan cukup efektif dalam mereduksi miskonsepsi peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311247

Actions (login required)

View Item View Item