Analisis hubungan teacher identity calon guru fisika dengan pengetahuan dan kemampuan profesionalnya / Risma Imana Farida - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis hubungan teacher identity calon guru fisika dengan pengetahuan dan kemampuan profesionalnya / Risma Imana Farida

Farida, Risma Imana Farida (2024) Analisis hubungan teacher identity calon guru fisika dengan pengetahuan dan kemampuan profesionalnya / Risma Imana Farida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecenderungan guru yang memiliki kepercayaan diri lebih rendah dapat berimplikasi pada pengembangan teacher identity-nya. Hal ini juga dapat berimplikasi pada pengetahuan dan kemampuan profesional yang nantinya dapat memengaruhi hubungan antara guru dengan siswa pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui profil teacher identity calon guru fisika profil pengetahuan dan kemampuan profesional calon guru fisika dan hubungan antara teacher identity dengan pengetahuan dan kemampuan profesional calon guru fisika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory sequential mixed methods design dimana pendekatan ini melalui dua tahap pengumpulan data yaitu data kuantitatif dan diikuti dengan pengambilan data kualitatif. Subjek yang digunakan yaitu mahasiswa prodi pendidikan fisika yang telah mengambil mata kuliah Praktik Pembelajaran Sejawat Fisika Dasar I Fisika Dasar II dan Fisika Dasar III. Subjek dalam pengambilan data kuantitatif yaitu 49 mahasiswa sedangkan subjek dalam pengambilan data kualitatif yaitu 10 mahasiswa. Terdapat dua jenis kuisioner yang digunakan dalam penelitian yaitu kuisioner tentang science teacher identity serta kuisioner tentang pengetahuan dan kemampuan profesional guru yang diadaptasi dari penelitian sebelumnya. Hasil dari penelitian ini yaitu teacher identity calon guru fisika yang dimiliki tiap individu bervariatif dengan aspek yang muncul yaitu pengetahuan diri dan refleksi diri begitupun dengan pengetahuan dan kemampuan profesional yang dimiliki. Temuan lainnya dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara teacher identity calon guru fisika dengan pengetahuan dan kemampuan profesionalnya pada kategori cukup. Penelitian ini dapat menambah pengetahuan tentang teacher identity calon guru fisika serta pengetahuan dan kemampuan profesionalnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311245

Actions (login required)

View Item View Item