Normalita, Shalsabela Arief Normalita (2024) Analisis perencanaan dan capaian pembelajaran guru dalam pembelajaran fisika berbasis kurikulum merdeka sma / Shalsabela Arief Normalita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran dapat dilihat dari kemampuannya dalam merencanakan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang ada serta mampu melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah dibuat. Perencanaan pembelajaran merupakan suatu rumusan tentang kegiatan yang akan dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran yang meliputi penyusunan materi ajar penggunaan media dan model pembelajaran serta penilaian dalam alokasi waktu yang telah ditentukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Beberapa hambatan ditemukan dalam penyusunan perencanaan pembelajaran serta proses mencapai tujuan dalam pembelajaran guru sehingga berpengaruh pada tingkat kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk menggali kompetensi guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran fisika dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara terstruktur dan didukung dengan observasi pembelajaran guru di kelas. Partisipan ditentukan dengan teknik purposive sampling dimana partisipan berjumlah lima guru fisika yang melaksanakan pembelajaran kurikulum merdeka di masing-masing sekolahnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam merencanakan pembelajaran sudah tampak dengan adanya kemampuan guru profesional dalam menyusun dan mengelola kegiatan pembelajaran di kelas. Penyusunan perencanaan pembelajaran memiliki empat aspek yaitu pengetahuan sebagai komponen utama dalam pembelajaran keterampilan sebagai inovasi untuk menciptakan strategi dalam pembelajaran nilai sebagai orientasi dalam membangun karakter peserta didik serta sikap sebagai contoh dari tingkah laku peserta didik sesuai dengan kode etik profesinya. Selain itu penerapan pembelajaran kurikulum merdeka juga membantu guru dalam mengembangkan keterampilan siswa melalui projek Profil Pelajar Pancasila. Namun informasi yang didapatkan dalam hasil wawancara tidak sesuai dengan yang diharapkan karena tidak semua partisipan menjawab pertanyaan secara terbuka. Sehingga penulis perlu mengulik lebih dalam informasi yang diperlukan. Lebih jauh penelitian ini dapat menjadi pedoman untuk mengetahui kesulitan dan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311243 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |