Pengaruh steam dan digital mind mapping dalam model apbl terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi fluida statis / Bintan Nuril Irvaniyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh steam dan digital mind mapping dalam model apbl terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi fluida statis / Bintan Nuril Irvaniyah

Irvaniyah, Bintan Nuril Irvaniyah (2024) Pengaruh steam dan digital mind mapping dalam model apbl terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi fluida statis / Bintan Nuril Irvaniyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpikir kreatif termasuk ke dalam kemampuan abad 21 dimana proses berpikir kreatif memerlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan sangat dibutuhkan karena semakin berkembangnya IPTEK. Namun kemampuan berpikir kreatif pada materi Fluida Statis masih rendah. Berdasarkan penelitin terdahulu penggunaan model aPBL-STEAM berbantuan Digital Mind Mapping masih jarang digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Maka dari itu penelitia ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh STEAM dan Digital Mind Mapping dalam model aPBL terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi Fluida Statis. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen semu (quasi experimental design) dengan Non-Equivalent control group design dan pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling. Kelas eksperimen menggunakan model aPBL-STEAM berbantuan Digital Mind Mapping dan kelas kontrol menggunakan model aPBL Pengumpulan data menggunakan soal tes kemamuan berpikir kreatif dengan reliabilitas 0.744 (Tinggi). Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan independent sample t-test dan N-Gain untuk mengetahui dampak dari perlakuan. Hasil uji statistik menunjukkan terdapat pengaruh STEAM dan DMM yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif. Hasil ini didukung oleh N-Gain kelas eksperimen 0 606 (sedang) sedangkan N-Gain kelas kontrol 0.374 (sedang). Hasil N-Gain pada setiap indikator berpikir kreatif pada kelas eksperimen yaitu N-Gain fluency 0 571 (sedang) N-Gain flexibility 0.557 (sedang) N-Gain elaboration 0.457 (sedang) dan N-Gain originality 0.345 (sedang) sedangkan pada kelas kontrol yaitu N-Gain fluency 0 432 (sedang) N-Gain originality 0.269 (rendah) N-Gain flexibility 0.239 (rendah) dan N-Gain elaboration 0.192 (rendah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa STEAM dan Digital Mind Mapping dalam model aPBL memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311235

Actions (login required)

View Item View Item