Pengaruh model pjbl-steam dengan asesmen formatif terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi fluida dinamis / Dhinar Asri Intantri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pjbl-steam dengan asesmen formatif terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi fluida dinamis / Dhinar Asri Intantri

Intantri, Dhinar Asri Intantri (2024) Pengaruh model pjbl-steam dengan asesmen formatif terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi fluida dinamis / Dhinar Asri Intantri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif sangat diperlukan dalam pembelajaran abad 21 tetapi keterampilan berpikir kreatif pada fluida dinamis masih rendah. Penelitian tentang penerapan model PjBL-STEAM dengan Asesmen Formatif pada materi fluida dinamis masih jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PjBL-STEAM dengan Asesmen Formatif terhadap kemampuan berpikir kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Jumlah responden sebanyak 66 siswa yang terdiri dari 33 siswa kelas eksperimen dengan model PjBL-STEAM dengan Asesmen Formatif dan 33 siswa kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling dengan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Independent sample t test digunakan untuk menganalisis data. Hasil pengujian menunjukkan nilai signifikansi pada nilai pretest sebesar 0 727 gt 0 05 (tidak signifikan) dan pada nilai postest nilai signifkansi sebesar 0 000 lt 0 05 (signifikan) hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berangkat dari keadaan yang sama dan pada nilai postest menunjukkan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol hal ini dibuktikan dengan perbedaan nilai signifikansi antara kelas eksperimen dan kontrol serta didukung dengan adanya peningkatan skor N-Gain total sebesar 0 496 (sedang) pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol skor N-Gain total sebesar 0 043 (rendah). Adapun peningkatan N-Gain setiap submateri pada materi venturimeter kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0 542 (sedang) dan 0.0328 (rendah) pada materi gaya angkat pesawat nilai N-Gain kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0.448 (sedang) dan 0.0388 (rendah). Peningkatan N-Gain setiap sub indikator berpikir kreatif pada kelas eksperimen dan kontrol adalah fluency 0.034 (sedang) dan 0.048 (rendah) flexibility 0.51 (sedang) dan -0.086 (rendah) elaboration 0.76 (tinggi) dan 0.081 (rendah) originality 0.31 (sedang) dan 0.032 (rendah) Untuk penelitian mendatang direkomendasikan untuk melakukan penelitian selama 12 minggu dan menggunakan model PjBL-STEAM dengan Asesmen Formatif pada materi Fluida Statis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Apr 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311219

Actions (login required)

View Item View Item