Widhi, Kikky Indah (2024) Peningkatan pemahaman konsep gerak parabola siswa madrasah aliyah melalui media charta magnetik / Kikky Indah Widhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan menguji kelayakan dan menguji efektivitas media charta magnetik terhadap pemahaman konsep gerak parabola. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Research digunakan untuk meneliti peningkatan pemahaman konsep siswa dan Development digunakan untuk mengembangkan media charta magnetik gerak parabola. Penelitian dilaksanakan di salah satu Madrasah Aliyah dengan subjek penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas XI-F (experiment class) dan XI-C (controll class). Uji deskriptif uji non parametric (Mann-Whitney U assesment) dan uji N-gain digunakan untuk menganalisis data peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi gerak parabola. Penelitian ini menghasilkan charta magnetik dan petunjuk penggunanannya yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Implementasi charta magnetik digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi gerak parabola. Produk yang dikembangkan telah dinyatakan valid dan layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Ditinjau dari hasil validasi aspek materi dan aspek media masing-masing memiliki persentase valid sebesar 94 4% dan 95 8%. Hasil angket respon penggunaan media charta yang disebarkan ke siswa memiliki persentase rata-rata sebesar 80 0%. Kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen meningkat dalam kategori cukup efektif berdasarkan rata-rata N-gain score dengan nilai sebesar 62 05% (kategori cukup efektif) dan kelas kontrol adalah sebesar 36 4% (kategori kurang efektif). Dengan demikian berdasarkan hasil N-gain score menujukkan jika penggunaan media charta magnetik cukup efektif digunakan sebagai alternatif media pembelajaran. Beberapa persentase di atas saling berkorelasi dan membuktikan media charta magnetik layak praktis dan efektif untuk digunakan siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep pada materi gerak parabola.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Apr 2024 04:29 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 07:33 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311218 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |