Pengaruh kepuasan komunikasi terhadap komitmen organisasi (Studi pada karyawan BRI Cabang Martadinata Malang / Agung Wijayanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kepuasan komunikasi terhadap komitmen organisasi (Studi pada karyawan BRI Cabang Martadinata Malang / Agung Wijayanto

Wijayanto, Agung (2011) Pengaruh kepuasan komunikasi terhadap komitmen organisasi (Studi pada karyawan BRI Cabang Martadinata Malang / Agung Wijayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kepuasan Komunikasi Komitmen Organisasi. Komunikasi sangat penting dalam menghubungkan karyawan dalam organisasi. Komunikasi memungkinkan orang untuk mengatur menetapkan tujuan melaksanakan tugas mereka berbagi ide membuat keputusan memecahkan masalah dan membuat perubahan. Dengan semakin kompleksnya proses komunikasi permasalahan dapat muncul pada tingkat individu kelompok maupun organisasi. Masalah-masalah komunikasi tersebut nantinya dapat membuat karyawan merasa tidak nyaman dalam organisasi. Untuk itu dibutuhkan adanya kepuasan komunikasi untuk menjaga komitmen organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi kepuasan komunikasi dan komitmen organisasi pada karyawan BRI cabang Martadinata Kota Malang dan untuk mengetahui pengaruh signifikan kepuasan komunikasi (yang terdiri dari iklim komunikasi integrasi organisasi perspektif organisasi kualitas media tanggapan karyawan komunikasi horisontal komunikasi atasan dan komunikasi bawahab) terhadap komitmen organisasi dan juga untuk mengetahui varaiabel mana yang dominan mempengaruhi komitmen organisasi. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket yang dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2011 sedangkan dokumentasi dan wawancara dilaksanakan selama berjalannya penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan BRI Cabang Martadinata Malang yang berjumlah 61 orang. Sedangkan sampelnya berjumlah 53 orang dimana pengambilan sampel menggunakan metode Proportionate Random Sampling. Dalam penelitian ini pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis statistik deskriptif diperoleh hasil penelitian sebagai berikut (a) kepuasan komunikasi dan komitmen organisasi karyawan BRI cabang Martadinata Malang berada dalam kondisi yang baik. Dari hasil analisis statistik inferensial diperoleh hasil sebgai berikut (a) secara parsial terdapat pengaruh antara kepuasan komunikasi (yang terdiri dari iklim komunikasi integrasi organisasi perspektif organisasi kualitas media tanggapan karyawan komunikasi horisontal dan komunikasi atasan) terhadap komitmen organisasi karyawan pada karyawan BRI cabang Martadinata Malang. (b) Secara simultan terdapat pengaruh antara kepuasan komunikasi (yang terdiri dari iklim komunikasi integrasi organisasi perspektif organisasi kualitas media tanggapan karyawan komunikasi horisontal komunikasi atasan dan komunikasi bawahan) terhadap komitmen organisasi karyawan pada karyawan BRI cabang Martadinata Malang. Sedangkan komunikasi bawahan tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap komitmen organisasi. (c) Komunikasi horisontal memiliki pengaruh paling kuat terhadap komitmen organisasi pada karyawan BRI cabang Martadinata Malang dibandingkan dengan sub variabel kepuasan komunikasi lainnya. Dari hasil penelitian ini penulis dapat memberikan saran kepada BRI Cabang Martadinata Kota Malang agar terus meningkatkan kenyamanan komunikasi karyawan baik itu antara atasan dan bawahan rekan sejawat dalam team work tingkat divisi maupun dalam saluran komunikasi seluruh organisasi untuk mempertahankan tingkat kepuasan komunikasi yang telah dicapai. Terutama pada komunikasi atasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31120

Actions (login required)

View Item View Item