Pengaruh harga dan atribut me too product terhadap keputusan konsumen dalam membeli handphone merek Blueberry (studi pada pengguna handphone merek blueberry di Malang Plaza) / Alfan Jauhari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh harga dan atribut me too product terhadap keputusan konsumen dalam membeli handphone merek Blueberry (studi pada pengguna handphone merek blueberry di Malang Plaza) / Alfan Jauhari

Jauhari, Alfan (2011) Pengaruh harga dan atribut me too product terhadap keputusan konsumen dalam membeli handphone merek Blueberry (studi pada pengguna handphone merek blueberry di Malang Plaza) / Alfan Jauhari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Harga Atribut Me Too Product dan Keputusan Pembelian. Harga adalah atribut produk atau jasa yang paling sering digunakan oleh sebagian besar konsumen untuk mengevaluasi produk sebelum melakukan pembelian. Dalam menyikapi varian harga yang ditawarkan tersebut seorang konsumen pasti akan menyesuaikan dengan kemampuan daya beli disamping mempertimbangkan tentang kebutuhan akan produk tersebut. Sedangkan atribut me too product (nama kemasan simbol/logo) merupakan strategi menyamakan suatu produk dengan market leader-nya sehingga konsumen mengira bahwa produk tersebut memilki kualitas yang tidak kalah baiknya dengan pioner. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga dan atribut me too product terhadap keputusan pembelian pada pengguna handphone merek Blueberry di Malang Plaza. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu dua variabel bebas (X) dan satu variabel terikat (Y). Variabel bebas terdiri dari harga (X1) dan atribut me too product (X2) sedangkan variabel terikatnya (Y) yaitu keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna handphone merek Blueberry yang berkunjung di Malang Plaza dengan jumlah sampel adalah 110 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling dan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) harga dan atribut me too product mendapat respon yang cukup baik dari pengguna handphone merek Blueberry di Malang Plaza terhadap keputusan konsumen dalam membeli handphone merek Blueberry (2) secara parsial harga dan atribut me too product berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (3) sedangkan secara simultan harga dan atribut me too product juga mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (4) variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah atribut me too product. Saran dari penelitian ini adalah (1) Sebaiknya CSL Blueberry selalu menjaga dan mengembangkan produknya dengan selalu membuat inovasi-inovasi sehingga tidak hanya dipandang sebagai follower product tetapi dilihat sebagai suatu produk yang berkualitas yang dapat bersaing dengan market leader-nya yaitu Blackberry (2) Saran bagi peneliti selanjutnya adalah untuk mencoba melakukan penelitian pada tempat produk yang berbeda dan menambahkan variabel yang lain agar nantinya hasil penelitian yang diperoleh dapat dijadikan sebagai perbandingan dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31106

Actions (login required)

View Item View Item