Persepsi mahasiswa Universitas Negeri Malang mengenai kualitas produk Yamaha Mio dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian / Ariska Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi mahasiswa Universitas Negeri Malang mengenai kualitas produk Yamaha Mio dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian / Ariska Kurniawati

Kurniawati, Ariska (2011) Persepsi mahasiswa Universitas Negeri Malang mengenai kualitas produk Yamaha Mio dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian / Ariska Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Persepsi Kualitas Produk Keputusan Pembelian. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan pengaruh pada konsep pemasaran modern yang menempatkan konsumen sebagai perhatian utama. Banyaknya pilihan produk yang beredar di pasaran dalam hal ini menuntut para pemasar untuk dapat menyediakan produk-produk yang berkualitas serta dapat mengembangkan suatu produk yang bermanfaat dan inovatif sesuai dengan harapan konsumen dan kebutuhan pasar. Teknologi transportasi yang semakin berkembang pada saat ini membuat persaingan antar produsen sepeda motor untuk merebut pelanggan semakin ketat. Terdapat empat faktor yang menjadi tuntutan dan pertimbangan para pelanggan dan calon pelanggan sepeda motor untuk memilih produk sepeda motor yang akan digunakan antara lain kinerja produk yang tinggi melalui kecanggihan teknologi yang digunakan keistimewaan produk melalui desain produk yang menarik keandalan produk melalui kecilnya kemungkinan terjadi gangguan dan kegagalan serta daya tahan produk melalui keawetan produk. Keputusan pembelian suatu produk pada dasarnya merupakan proses pemecahan masalah dimulai dengan usaha konsumen menentukan tempat untuk membeli suatu produk. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui variabel-variabel kualitas produk yang mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas (X) terdiri dari sub variabel yaitu kinerja produk (X1) keistimewaan produk (X2) keandalan produk (X3) dan daya tahan produk (X4) sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah keputusan pembelian. Penelitian ini bersifat cause-effect relationship. Populasi yang dipilih adalah mahasiswa Universitas Negeri Malang yang menggunakan sepeda motor Yamaha Mio dan yang mengambil keputusan untuk membeli. Sampel yang digunakan berjumlah 147 responden dan pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode proportional sampling dan accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil dari analisis yang didapat melalui penyebaran kuesioner menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja produk keistimewaan produk keandalan produk dan daya tahan produk secara parsial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja produk keistimewaan produk keandalan produk dan daya tahan produk secara simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio dengan koefisien Adjusted R Square sebesar 53 9% Fhitung sebesar 43 681 dengan tingkat signifikansi 0 000. Saran yang dapat direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) Kualitas produk Yamaha Mio yang terbentuk di mata konsumen yang telah memutuskan untuk membeli produk sudah baik khususnya keandalan produk yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Dengan adanya hal ini hendaknya bagi perusahaan tetap mempertahankannya bahkan meningkatkan keandalan produk tersebut (2) Dengan semakin ketatnya persaingan dalam bisnis otomotif maka PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) selaku produsen sepeda motor Yamaha Mio harus tetap menjaga kinerja produk keistimewaan produk dan daya tahan produk dimana variabel tersebut bukan merupakan variabel dominan yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian Yamaha Mio (3) Sebagai produk sepeda motor matic yang masih berhasil memimpin pasar Yamaha Mio harus aktif meningkatkan daya tahan produk sehingga menjadi produk yang lebih berkualitas. Dalam penelitian ini daya tahan Yamaha Mio memberikan kontribusi terkecil sehingga perusahaan perlu meningkatkan keunggulan bersaing yang membedakan dengan produk pesaing lainnya dan (4) Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan pijakan untuk penelitian selanjutnya dengan mengangkat hal-hal baru dan potensial selain kualitas produk seperti brand image atribut produk harga promosi dan variable lainnya sebagai variabel yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31083

Actions (login required)

View Item View Item