Pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas (studi pada pengguna pasta gigi Pepsodent di Perumahan Canggu Permai Kabupaten Mojokerto) / Agung Rudianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas (studi pada pengguna pasta gigi Pepsodent di Perumahan Canggu Permai Kabupaten Mojokerto) / Agung Rudianto

Rudianto, Agung (2011) Pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas (studi pada pengguna pasta gigi Pepsodent di Perumahan Canggu Permai Kabupaten Mojokerto) / Agung Rudianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kepercayaan merek loyalitas merek Pepsodent merupakan produk pasta gigi yang sudah mempunyai pangsa pasar yang besar. Kondisi persaingan yang semakin ketat perusahaan dituntut untuk mampu menarik konsumen baru dan mempertahankan konsumen. Dalam upaya memperoleh dan mempertahankan konsumen dibutuhkan kepercayaan merek yang tinggi karena dengan kepercayaan merek maka akan dapat membuat konsumennya terus loyal pada merek pasta gigi Pepsodent. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kepercayaan merek dan loyalitas merek pada pengguna pasta gigi Pepsodent di Perumahan Canggu Permai Mojokerto serta variabel kepercayaan merek yang mempengaruhi loyalitas merek. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas (X) yang terdiri dari brand reliability (X1)dan brand intentions (X2) sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah loyalitas merek. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berusaha menjelaskan pengaruh variabel kepercayaan merek secara simultan maupun secara parsial terhadap loyalitas merek pengguna pasta gigi Pepsodent di Perumahan Canggu Permai Mojokerto. Populasi dalam penelitian ini adalah warga masyarakat di Perumahan Canggu Permai Mojokerto yang menjadi konsumen pasta gigi Pepsodent. Sedangkan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh empat kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama masyarakat di Perumahan Canggu Permai Mojokerto memiliki kepercayaan merek (brand reliability dan brand intentions) yang tinggi dan loyalitas merek yang tinggi dalam penggunaan pasta gigi Pepsodent. Kedua brand reliability secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek pengguna pasta gigi Pepsodent dan brand intention secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek pengguna pasta gigi Pepsodent. Ketiga kepercayaan merek (brand reliability dan brand intention) berpengaruh positif secara simultan terhadap loyalitas merek pengguna pasta gigi Pepsodent. Keempat variabel kepercayaan merek yang dominan mempengaruhi loyalitas merek pengguna pasta gigi Pepsodent adalah brand reliability. Saran yang direkomendasikan terkait hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) Pihak Unilever selaku produsen penghasil pasta gigi Pepsodent sebaiknya terus melakukan inovasi terkait dengan keandalan produknya (brand reliability). Dengan demikian citra yang sudah terbangun tentang kualitas dan keandalan pasta gigi Pepsodent akan terus dapat dipertahankan dan dapat ditingkatkan sehingga dapat semakin meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek pasta gigi Pepsodent. Dari hasil sumbangan efektif diketahui niatan baik suatu merek (brand intentions) memiliki pengaruh yang lebih kecil dalam pembentukan loyalitas merek pasta gigi Pepsodent (2) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah variabel penelitian kepercayaan merek yang dapat mempengaruhi loyalitas merek dari yang diteliti sekarang misalnya dengan menambahkan variabel brand predictability brand liking brand competence brand reputation brand characteristic dan trust in the company. Sehingga dapat diketahui lebih mendalam faktor yang mempengaruhi dan membangun loyalitas merek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31054

Actions (login required)

View Item View Item