Pardiana, Lina (2011) Pengaruh atribut produk terhadap loyalitas konsumen (Studi pada mahasiswa strata 1 pengguna produk pembalut wanita di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Lina Pardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Atribut Produk Loyalitas Konsumen Produk pembalut wanita merupakan salah satu produk yang sangat dibutuhkan oleh kalangan wanita terutama mahasiswi. Dalam upaya mempertahankan konsumennya salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan adalah melalui atribut produknya karena melalui atribut produk yang ada akan mengantarkan persepsi konsumen tentang produk tersebut yang pada akhirnya akan berpengaruh pada keloyalitasan dari konsumen produk pembalut wanita tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap loyalitas konsumen pembalut wanita di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas (X) yang terdiri dari kualitas (X1) kemasan (X2) merek (X3) dan harga (X4) sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah loyalitas konsumen. Penelitian ini termasuk penelitian yang menggunakan rancangan penelitian deskriptif kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Tahun Akademik 2010/2011. Sedangkan sampel sebanyak 114 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh empat kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama rata-rata responden menyatakan bahwa atribut produk pembalut wanita adalah sedang dan mereka juga kurang loyal dalam pembelian dan penggunaan produk pembalut wanita dengan merek tertentu. Kedua atribut produk (kualitas kemasan merek dan harga) secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas konsumen produk pembalut wanita. Ketiga atribut produk (kualitas kemasan merek dan harga) secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen produk pembalut wanita. Keempat sub variabel dari atribut produk yang dominan mempengaruhi loyalitas konsumen adalah merek. Saran yang direkomendasikan terkait hasil penelitian adalah (1) Pihak PT Kao Indonesia selaku pihak yang mengeluarkan produk pembalut wanita merek Laurier sebaiknya meningkatkan kualitas dengan pemilihan bahan yang aman untuk kesehatan karena sekarang ini terdapat pembalut palsu yang memasuki pasar PT Unicharm Indonesia selaku pihak yang mengeluarkan produk pembalut wanita merek Charm agar tetap mempertahankan kualitas produk harga yang sudah terjangkau juga harus dipertahankan kemudian sedapat mungkin menciptakan pembalut herbal yang lebih sehat Softex Indonesia selaku pihak yang mengeluarkan produk pembalut wanita merek Softex diharapkan dapat mempertahankan kualitas produknya kemudian kemasannya agar lebih diperbarui supaya lebih menarik. PT Kimberly Lever selaku pihak yang mengeluarkan produk pembalut wanita merek Kotex sebaiknya selain menawarkan pembalut anti kerut ataupun anti bocor harapan konsumen adalah agar PT Kimberly Lever juga menawarkan produk pembalut yang sehat (pembalut herbal). Wings selaku pihak yang mengeluarkan produk pembalut wanita merek Hers Protex sebaiknya lebih memperhatikan anti kerut dari pembalut Hers Protex agar saat digunakan pembalut tersebut benar-benar anti kerut. (2) Peneliti menyarankan pada pengguna (konsumen) bila terdapat ketidaksesuaian yang serius terhadap produk yang dipakainya konsumen dapat menghubungi customer service yang biasanya bersedia menampung keluhan-keluhan dari pihak konsumen. (3) Peneliti menyarankan dalam penelitian selanjutnya agar objek penelitian yang diambil lebih baik yaitu masyarakat umum dari berbagai golongan usia dan tempat penelitian yang lebih luas supaya data penelitian diperoleh lebih valid agar variabel yang diteliti lebih tereksplorasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/31049 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |