Maulina, Rizki (2011) Pengaruh faktor internal terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan galon merek Aqua pada konsumen di wilayah RW 11 Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Rizki Maulina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci faktor internal keputusan pembelian. Perkembangan zaman telah menuntun bergulirnya era globalisasi. Dunia persaingan saat ini banyak produsen terus berupaya untuk berinovasi dalam pengembangan produknya. Salah satu merek air miunum kemasan yang termuka di Indonesia adalah merek AQUA yang di produksi oleh PT Tirta Investama. AQUA merupakan pelopor air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia. Persaingan yang kian ketat diantara produsen air minum dalam kemasan merek sejenis menuntut AQUA untuk menganalisis perilaku keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) kondisi faktor internal konsumen dalam pembelian air minum dalam kemasan galon merek AQUA (2) kondisi proses keputusan konsumen dalam pembelian air minum dalam kemasan galon merek AQUA (3) pengaruh faktor internal secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam pembelian air minum dalam kemasan galon merek AQUA (4) pengaruh faktor internal secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian air minum dalam kemasan galon merek AQUA (5) serta untuk mengetahui elemen faktor internal yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian air minum dalam kemasan galon merek AQUA. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari motivasi (X1) persepsi (X2) pembelajaran (X3) kepribadian dan konsep diri (X4) sikap (X5) serta variabel terikatnya adalah keputusan pembelian (Y). Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala keluarga di RW 11 Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang berjumlah 127 kepala keluarga (rumah). Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 56 kepala keluarga (rumah). Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan (simple random sampling) untuk menyebarkan kuesioner kepada responden. Kuesioner dalam penelitian ini termasuk dalam kuesioner tertutup menggunakan skala Likert 5 pilihan jawaban. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik. Hasil dalam penelitian ini adalah Terdapat pengaruh motivasi (X1) persepsi (X2) pembelajaran (X3) kepribadian dan konsep diri (X4) sikap (X5) secara simultan terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan galon merek AQUA berdasarkan nilai Fhitung sebesar 14 530 dengan tingkat signifikansi 0.000. Sub variabel dari faktor internal yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah pembelajaran dengan nilai sumbangan efektif sebesar 16 2%. Selain itu diketahui pula Adjusted R Square sebesar 0 552 ini berarti bahwa variabel motivasi persepsi pembelajaran kepribadian dan konsep diri sikap secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian air minum dalam kemasan galon merek AQUA sebesar 55 2% sedangkan sisanya sebesar 44 8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) rata-rata sebagian responden memiliki motivasi persepsi pembelajaran kepribadian dan konsep diri sikap sudah baik terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan galon merek AQUA (2) motivasi tidak berpengaruh secara positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan galon merek AQUA (3) persepsi tidak berpengaruh secara positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan galon merek AQUA (4) pembelajaran berpengaruh secara positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan galon merek AQUA (5) kepribadian dan konsep diri berpengaruh secara positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan galon merek AQUA (6) sikap berpengaruh secara positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan galon merek AQUA (7) faktor internal secara simultan mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan galon merek AQUA dan (8) variabel faktor internal yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah pembelajaran. Saran dalam penelitian ini adalah (1) konsumen air minum dalam kemasan galon merek AQUA banyak tersebar di seluruh Indonesia harus bisa mempertahankan kualitas produknya. (2) Produsen AQUA harus tetap menjaga faktor internal yang telah dimiliki konsumennya termasuk di wilayah RW 11 Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang agar keputusan pembelian tetap terjaga sehingga meminimalkan kemungkinan konsumen berpindah ke merek lain. (3) Untuk penelitian selanjutnya objek penelitian diambil lebih baik agar data penelitian yang diperoleh lebih valid dan ruang lingkupnya lebih luas. (4) Untuk penelitian selanjutnya jumlah variabel ditambah selain variabel dalam penelitian ini dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/31028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |