Ismail, Mohammad (2011) Pengaruh kualitas layanan koperasi terhadap loyalitas anggota (studi pada anggota Koperasi Unit Desa Argopuro Krucil Probolinggo) / Mohammad Ismail. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Kualitas Layanan Loyalitas Anggota Saat ini arah perekonomian yang lebih cenderung pada ekonomi global telah memberikan jalan bagi semua perusahaan untuk bersaing dan memasuki pasar di luar batas-batas negara. Kehadiran koperasi adalah sebagai sarana reformasi sosial dengan misi untuk mentransformasikan dari masyarakat yang penuh dengan kesenjangan dan penuh ketidakadilan ke masyarakat yang penuh dengan keharmonisan dan keadilan. Kualitas layanan yang meliputi keandalan daya tanggap jaminan empati dan bukti fisik yang baik dari koperasi dapat menciptakan rasa nyaman dan loyalitas pada anggota sehingga merangsang minat anggota untuk berperan aktif dalam kegiatan koperasi karena manfaat yang diperolehnya. Sebuah perusahaan dapat mengetahui kemajuan dan perkembangan usahanya dengan melihat loyalitas pelanggannya demikian juga koperasi kemajuannya dapat dilihat dari loyalitas anggotanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kualitas layanan dan loyalitas anggota pada KUD ARGOPURO mengetahui pengaruh secara parsial kualitas layanan terhadap loyalitas anggota KUD ARGOPURO mengetahui pengaruh secara simultan kualitas layanan terhadap loyalitas anggota KUD ARGOPURO dan dimensi kualitas layanan mana yang memiliki pengaruh dominan terhadap loyalitas anggota KUD ARGOPURO. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional subyek dalam penelitian ini adalah anggota Koperasi Unit Desa ARGOPURO Krucil Probolinggo yang berjumlah 100 orang teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan Kuesioner dan Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif analisis statistik inferensial uji hipotesis (uji t dan uji f) dan uji asumsi klasik serta menghitung dimensi variabel kualitas layanan yang dominan mempengaruhi loyalitas anggota koperasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi kualitas layanan di Koperasi Unit Desa ARGOPURO Krucil Probolinggo adalah tergolong cukup baik hal ini dibuktikan dengan empat dimensi kualitas layanan yaitu keandalan daya tanggap jaminan dan bukti fisik dinilai cukup tinggi oleh anggota sedangkan dimensi empati adalah satu-satunya dimensi yang dinilai tinggi oleh anggota. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara parsial semua dimensi variabel kualitas layanan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas anggota dengan koefisien regresi yaitu keandalan sebesar 0 244 daya tanggap sebesar 0 357 jaminan sebesar 0 296 empati sebesar 0 365 dan bukti fisik sebesar 0 283. Secara simultan Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui bahwa Adjusted R Square 0 657 artinya bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh yang kuat terhadap loyalitas anggota. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan variabel Keandalan (reliability) (X1) Daya Tanggap (responsiveness) (X2) Jaminan (assurance) (X3) Empati (empathy) (X4) dan Bukti fisik (tangibles) (X5) secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas anggota Koperasi Unit Desa ARGOPURO Krucil Probolinggo sebesar 65 7% sedangkan sisasnya sebesar 34 3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Kondisi kualitas layanan yang diberikan oleh KUD ARGOPURO berdasarkan penilaian anggota pada dimensi keandalan daya tanggap jaminan kategorinya dan bukti fisik kategori cukup tinggi sedangkan empati kategorinya tinggi (2) Variabel keandalan daya tanggap jaminan empati dan bukti fisik secara parsial berpengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas anggota Koperasi Unit Desa ARGOPURO Krucil Probolinggo (3) Dimensi-dimensi kualitas layanan secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas anggota Koperasi Unit Desa ARGOPURO Krucil Probolinggo (4) Dimensi Variabel kualitas layanan yang mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas anggota Koperasi Unit Desa ARGOPURO Krucil Probolinggo adalah empati. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah (1) Manajemen Koperasi Unit Desa ARGOPURO Krucil Probolinggo sebaiknya selalu berupaya meningkatkan kemampuan karyawannya sesuai dengan bidang atau posisinya di koperasi melalui pelatihan-pelatihan dan menambah sarana dan prasarana yang dimilki sehingga dapat memperlancar proses pelayanan anggota (2) Anggota koperasi harus berperan aktif dalam usaha koperasi sehingga dapat mencapai tujuan (3) Bagi penelitian lin yang sejenis yang akan datang diharapkan menambahkan variabel lain dalam judul penelitiannya untuk memperkaya hasil penelitian dan memperkaya referensi jurnal internasional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Apr 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/31008 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |