Hasil belajar mahasiswa um prodi bahasa mandarin yang belum pernah belajar bahasa mandarin / Faris Ilmi Hatta Efiarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Hasil belajar mahasiswa um prodi bahasa mandarin yang belum pernah belajar bahasa mandarin / Faris Ilmi Hatta Efiarto

Efiarto, Faris Ilmi Hatta Efiarto (2024) Hasil belajar mahasiswa um prodi bahasa mandarin yang belum pernah belajar bahasa mandarin / Faris Ilmi Hatta Efiarto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Belajar bahasa asing selalu menjadi tantangan bagi pembelajar saat pertama kali mempelajarinya. Latar belakang setiap mahasiswa tidak selalu sesuai dengan jurusan yang ditempuh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar mahasiswa yang belum pernah belajar bahasa Mandarin pada jenjang sebelumnya dan mendeskripsikan motivasi mahasiswa belajar bahasa Mandarin. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2022 offering B yang berjumlah 18 mahasiswa. Data dari penelitian ini diambil dari hasil angket dan Daftar Nilai Akhir matakuliah ldquo Membaca dan Menulis II rdquo . Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai akhir rata-rata mahasiswa yang belum pernah belajar bahasa Mandarin pada jenjang sebelumnya lebih rendah daripada mahasiswa yang pernah mempelajari bahasa Mandarin. Berdasarkan penelitian Ihsan (2021) perihal tersebut dikarenakan faktor-faktor masalah yang dihadapi oleh pembelajar baru bahasa asing dalam suatu kelas. Faktor terbanyak yang memotivasi mahasiswa belajar bahasa Mandarin adalah karena faktor motivasi intrinsik. Ketertarikan mahasiswa terhadap budaya Tiongkok dan cita-cita meraih pekerjaan yang sesuai keinginan menjadi salah satu faktor motivasi intrinsik terbanyak yang memotivasi mahasiswa belajar bahasa Mandarin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/310077

Actions (login required)

View Item View Item