Nugroho, Prima Setyo (2011) Pengaruh store image terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen Alfamart Kelurahan Ngaglik, Kota Batu) / Prima Setyo Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Store Image Keputusan Pembelian Dalam rangka perwujudan pemenuhan kebutuhan masyarakat khususnya dalam bidang ritel diperlukan sarana penunjang usaha peningkatan pelayanan ritel melalui penyediaan kebutuhan sehari-hari salah satunya adalah Alfamart. Oleh karena itu Alfamart dituntut untuk selalu membangun suatu citra yang baik agar mampu bersaing dalam pasar dalam rangka mempertahankan konsumen dan juga mencari konsumen baru. Salah satu bentuk strategi yang bisa diterapkan dalam membentuk persepsi konsumen terhadap suatu toko adalah melalui strategi Store image. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Store image (Citra Toko) mengetahui pengaruh variabel Store image (Citra Toko) secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen mengetahui pengaruh store image (Citra Toko) secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen dan mengetahui variabel store image yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Kelurahan Ngaglik Kota Batu. Variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Untuk variabel bebasnya yakni Store image (X) yang terdiri dari variabel Harga (X1) Produk (X2) Lingkungan toko (X3) Personel (X4) dan Layanan (X5). Sedangkan variabel terikatnya adalah variabel Keputusan Pembelian Konsumen (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan model penelitian survey sedangkan populasi yang digunakan adalah konsumen Alfamart Kelurahan Ngaglik yang pernah melakukan pembelian atau sedang melakukan pembelian pada Alfamart tersebut. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 150 responden yang dipilih secara Purposive Sampling. Dengan instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel store image yang terdiri dari Harga (X1) sebesar 6 139 Produk (X2) sebesar 2 288 Lingkungan toko (X3) sebesar 2 553 Personel (X4) sebesar 5 145 dan Layanan (X5) sebesar 3 055 secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Kelurahan Ngaglik Kota Batu dan juga terdapat pengaruh antara variabel store image yang terdiri dari Harga (X1) Produk (X2) Lingkungan toko (X3) Personel (X4) dan Layanan (X5) sebesar 67 989 secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Kelurahan Ngaglik Kota Batu dan variabel Harga (X1) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Alfamart Kelurahan Ngaglik Kota Batu. Nilai Adjusted R Square dalam penelitian ini sebesar 0 717 yang berarti bahwa 71 7% keputusan pembelian di Alfamart Kelurahan Ngaglik Kota Batu dipengaruhi oleh variabel store image. Dari hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa variabel store image (citra toko) masih efektif digunakan sebagai sumber keberhasilan perusahaan yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Alfamart Kelurahan Ngaglik Kota Batu. Oleh karena itu perlu disarankan adanya peningkatan dan perhatian terhadap faktor-faktor dari citra toko tersebut misalnya dengan pemberian harga yang kompetitif meningkatkan kuantitas produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen penambahan layanan pesan antar dan meningkatkan ketepatan layanan. Untuk variabel harga harus menjadi perhatian khusus karena harga merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian yakni dengan tetap menjaga kestabilan harga yang sesuai dengan kualitas produk yang dijual.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Mar 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/30981 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |