Nugraha, Guritna Adi (2011) Pengaruh iklan melalui media televisi terhadap proses keputusan pembelian konsumen dalam membeli sepeda motor Yamaha (studi kasus pada dealer Armada Motor Tulungagung) / Guritna Adi Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Iklan media televisi keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Iklan merupakan salah satu alat promosi yang bisa mempengaruhi konsumen untuk melakukan tindakan pembelian. Iklan dianggap sebagai suatu media promosi yang efektif dan efisien dalam menjaring konsumen ataupun menyampaikan produk. Dalam kenyataan kehidupan sehari-hari iklan selalu kita jumpai setiap saat baik melalui media elektronik maupun media cetak. Sampai sekarang iklan menjadi alat promosi yang masih digunakan dan selalu dikembang-kan oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen. Televisi merupakan salah satu media periklanan. Iklan melalui media televisi dapat menjangkau konsumen dalam wilayah luas dan jumlah yang besar pada waktu yang bersamaan. Iklan sangat dibutuhkan sebagai wahana publikasi dan sosialisasi sebuah produk sehingga iklan dapat mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan melalui media televisi terhadap proses keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Yamaha. Variabel yang diangkat dalam penelitian ini meliputi iklan melalui media Televisi sebagai variabel bebas (X) terdiri dari isi pesan (X1) struktur pesan (X2) format pesan (X3) dan sumber pesan (X4). Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah proses keputusan pembelian konsumen. Respoden dalam penelitian ini adalah konsumen pada dealer Armada Motor Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional data yang diperoleh menggunakan teknik kuisioner tertutup. Jumlah populasi sebanyak 1853 orang dengan pengambilan sampel sebanyak 100 responden. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS For Windows Versi 15.0. Setelah melalui proses pengolahan data dan analisis data regresi dapat diketahui secara parsial yaitu (1) nilai 61538 1 0 206 nilai t 2 339 dan signifikansi t 0 021 membuktikan bahwa pengaruh variabel isi pesan terhadap variabel keputusan pembelian signifikan atau diterima (2) nilai 61538 2 0 223 nilai t 3 049 dan signifikansi t 0 003 membuktikan bahwa pengaruh variabel struktur pesan terhadap variabel proses keputusan pembelian signifikan atau diterima (3) nilai 61538 3 0 451 nilai t 3 686 dan signifikansi t 0 000 membuktikan bahwa variabel format pesan terhadap variabel proses keputusan pembelian signifikan atau diterima (4) nilai 61538 4 0 531 nilai t 4 012 dan signifikansi t 0 000 membuktikan bahwa variabel sumber pesan terhadap variabel proses keputusan pembelian konsumen signifikan atau diterima. Selain itu digunakan perbandingan nilai t hitung variabel iklan media televisi dengan nilai t tabel yaitu nilai t hitung X1 (2 339) X2 (3 049) X3 3 686) X4 (4 012) dan nilai t tabel (1 99). Dari perbandingan tersebut nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel maka secara parsial iklan media televisi mempunyai pengaruh terhadap proses keputusan pembelian konsumen. Sedangkan nilai F hitung yang diperoleh digunakan untuk melihat pengaruh variabel bebas (X) iklan media televisi yang terdiri dari isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan terhadap variabel terikat (Y) yaitu proses keputusan pembelian konsumen secara simultan. Nilai F hitung yang diperoleh yaitu sebesar 37 602 dengan signifikansi 0 000. Sejalan dengan hal ini juga digunakan perbandingan nilai F hitung dengan nilai F tabel yaitu nilai F hitung (37 602) dan nilai F tabel (2 467). Karena nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel maka secara simultan iklan media televisi mempunyai pengaruh terhadap proses keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ada pengaruh positif yang signifikan antara isi pesan (X1) struktur pesan (X2) format pesan (X3) dan sumber pesan (X4) baik secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada dealer Armada Motor Tulungagung telah terbukti. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti memberikan beberapa saran yang dapat dijadikan pertimbangan. Pertama Sumber pesan yang sudah baik harus dipertahankan untuk dapat menarik minat calon konsumen dan mempengaruhi proses keputusan pembelian konsumen. Kedua Seiring dengan semakin pintarnya masyarakat sebaiknya dalam membuat iklan lebih diperhatikan struktur pesan dan isi pesan. Penyampaian masih kurang bagi calon konsumen dan konsumen. Selain itu penyampaian iklan jangan terlalu berlebihan. Ketiga Bagi konsumen agar lebih hati-hati dan jangan mudah terpengaruh akan adanya tayangan iklan ditelevisi sebab tidak selamanya tayangan iklan itu baik ada juga yang menyesatkan. Sehingga konsumen tidak menjadi kecewa dan tertipu. Keempat untuk penelitian yang akan datang agar tidak hanya meneliti pengaruh iklan akan tetapi juga perlu diteliti bauran promosi yang lainnya seperti personal selling sales promotion dan public relation karena faktor-faktor tersebut juga mempengarui keputusan pembelian konsumen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Mar 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/30977 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |