Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada warga Perumnas Sawojajar pelanggan koran Jawa Pos Radar Malang) / Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada warga Perumnas Sawojajar pelanggan koran Jawa Pos Radar Malang) / Arifin

Arifin (2011) Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada warga Perumnas Sawojajar pelanggan koran Jawa Pos Radar Malang) / Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kualitas produk keputusan pembelian (pelanggan). Dalam era globalisasi persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Munculnya para pemain baru dalam industri dan bisnis sejenis menyebabkan berkurangnya pangsa pasar yang telah dikuasai. Bahkan bukan tidak mungkin akan mengeser posisi perusahaan dalam waktu singkat akibat munculnya pesaing baru yang lebih agresif. Seperti halnya dalam bidang penerbitan media cetak munculnya banyak media cetak baru dengan keunggulan-keunggulan tertentu tentunya akan mempengaruhi perilaku pembelian konsumen dan berpotensi untuk merebut pelanggan media cetak lain. Demikian halnya dengan Jawa Pos-Radar Malang merupakan perusahaan penerbit surat kabar/Koran terkemuka di Jawa Timur juga harus mencermati selera pasar mengingat sebagian besar masyarakat masih menjadikan koran sebagai alternatif untuk mendapatkan informasi terkini sehari-hari. Maka dari itu Jawa Pos-Radar Malang melakukan strategi agar pelanggan yang sudah ada berubah menjadi konsumen yang loyal dan menarik minat konsumen baru dengan memberikan keunggulan dalam kualitas produk yang melekat pada koran Jawa Pos-Radar Malang yang diberlakukan untuk periode waktu tertentu dan akan berubah sesuai kondisi persaingan yang sudah ada. Maka penulis tertarik untuk mengambil judul Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam membeli koran (Studi pada Warga Perumnas Sawojajar Pelanggan koran Jawa Pos-Radar Malang) . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi kualitas produk dan keputusan pembelian konsumen pelanggan Perumnas Sawojajar dalam membeli produk koran Jawa Pos-Radar Malang. (2) pengaruh kualitas produk yang terdiri dari kinerja produk (performance) keistimewaan produk (features) keandalan produk (reliability) kemampulayanan produk (service ability) dan persepsi kualitas produk (perceived quality) secara parsial terhadap keputusan pembelian koran Jawa Pos-Radar Malang di Perumnas Sawojajar. (3) pengaruh kualitas produk yang terdiri dari kinerja produk (performance) keistimewaan produk (features) keandalan produk (reliability) kemampulayanan produk (service eability) dan persepsi kualitas produk (perceived quality) secara simultan terhadap keputusan pembelian koran Jawa Pos-Radar Malang di Perumnas Sawojajar. (4) dimensi kualitas produk tersebut di atas manakah yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Perumnas Sawojajar dalam membeli produk koran Jawa Pos-Radar Malang Penelitian ini menggunakan instrument berupa kuesioner yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan tetap koran Jawa Pos-Radar Malang yang berlangganan pada agen Jawa Pos di Perumnas Sawojajar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling jumlah populasi 2400 responden sedangkan jumlah sample sebesar 100. Berdasarkan hasil analisis regresi diketahui bahwa terdapat pengaruh kualitas produk yang terdiri dari kinerja produk (performance) keistimewaan produk (featurers) keandalan produk (reliability) kemampulayanan produk (service ability) serta persepsi kualitas produk (perceived quality) secara parsial terhadap keputusan pembelian koran Jawa Pos-Radar Malang di Perumnas Sawojajar. Hal ini dibuktikan dengan pengaruh kinerja produk terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung t tabel yaitu 7 944 1 6669 dengan taraf signifikansi t 0.000 0 05 pengaruh keitimewaan produk terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung t tabel yaitu -2 614 1 6669 dan nilai signifikasi t 0 010 0 05 pengaruh keandalan produk terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung t tabel yaitu -2 482 1 6669 dan nilai signifikansi t 0 015 0 05 pengaruh kemampulayanan produk terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung t tabel yaitu 0 883 1 6669 dan nilai signifikansi t 0 379 1 6669 dan nilai signifikansi t 0 379 0 05 pengaruh persepsi kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung t tabel yaitu -1 183 1 6669 dan nilai signifikansi t 0 240 0 05. Berdasarkan nilai Fhitung sebesar 14 016 dengan tingkat signifikansi 0 000 dapat disimpulkan terdapat pengaruh kualitas produk yang terdiri dari kinerja produk (performance) keistimewaan produk (features) keandalan produk (reliability) kamampulayanan produk (service ability) serta persepsi kualitas produk (perceived quality) secara simultan terhadap keputusan pembelian koran Jawa Pos-Radar Malang. Diketahui pula bahwa nilai Adjusted R Squarer sebesar 0 397 atau 39 7% dapat diartikan bahwa variabel kulitas produk dalam mempengaruhi keputusan pembelian koran Jawa Pos-Radar Malang adalah sebesar 39 7% dan sisanya sebesar 60 3% dipengaruhi hal-hal lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini Berdasarkan temuan di atas saran yang dapat diberikan peneliti bagi pihak Jawa Pos-Radar Malang hendaknya lebih memperhatikan unsur kinerja produk yang meliputi penyajian headline keaktulitasan berita keragaman berita dan keakuratan berita. Dikarenakan kinerja produk merupakan unsur yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian koran Jawa Pos-Radar Malang. Maka dari itu disarankan agar Jawa Pos-Radar Malang dapat selalu menjaga kualitas produk dan unsur-unsur yang terkandung didalamnya sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan minat pembeliaan dan kesetiaan. Disamping juga menambah porsi pemberitaan mengurangi space iklan dan tidak menaikkan harga. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya hendaknya peneliti selanjutnya dapat menggali variabel-variabel baru selain kinerja produk keistimewaan produk keandalan produk kemampulayanan produk dan persepsi kualitas produk yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian yang diperkirakan meliputi variabel kualitas layanan atribut produk kepuasan aspek psikologis dan beberapa variabel lain yang dapat dijadikan temuan baru dalam penelitian selanjutnya. Peneliti yang akan datang juga diharapkan lebih selektif dalam memilih teknik pengambilan sampel agar sampel yang diperoleh lebih mewakili populasi secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30964

Actions (login required)

View Item View Item