Mayasari, Septina Dwi (2011) Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan sebagai variabel perantara pengguna kartu prabayar IM3 (Studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Septina Dwi Mayasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kualitas Produk dan Harga Kepuasan Loyalitas Dewasa ini seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi konsep pemasaran modern pun mengalami perkembangan dengan menempatkan konsumen sebagai perhatian utama dan produsen berlomba-lomba untuk sebisa mungkin dapat bersaing dengan kompetitor. Sehingga produsen dituntut untuk mempunyai strategi yang tepat dalam memenuhi kebutuhan para konsumen dan dapat memuaskan konsumen. Yang nantinya akan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Semakin banyaknya pilihan produk yang beredar dipasaran dalam hal ini kartu seluler. Kondisi ini menuntut para pemasar untuk dapat menyediakan produk-produk yang berkualitas dan harga yang terjangkau oleh konsumen serta dapat mengembangkan suatu produk yang bermanfaat dan inovatif sesuai dengan harapan konsumendan kebutuhan pasar sehingga kepuasan setelah mengkonsumsi dapat diperoleh dan akan membuat konsumen melakukan pembelian di masa yang akan datang atau pembelian berulang pada produk yang sama. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Malang pada bulan juli sampai agustus 2009. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi pengguna kartu IM3. Sampel yang diambil sebanyak 100 konsumen atau pelanggan pengguna kartu IM3 dengan teknik pengambilan Randome Sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kualitas produk (X1) terhadap kepuasan (Z) harga (X2) terhadap kepuasan (Z) kualitas produk (X1) terhadap loyalitas (Y) harga (X2) terhadap loyalitas (Y) kepuasan (Z) terhadap loyalitas (Y). Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur dengan menggunakan SPSS 16 0 for windows. Hasil penelitian ini diketahui (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara harga terhadap kepuasan. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap loyalitas. (4) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara harga terhadap loyalitas. (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan terhadap loyalitas. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan konsumen lebih teliti untuk membeli produk yang akan dibeli agar tidak kecewa dengan produk yang sudah dibeli untuk pedagang atau retailer untuk menjalin komunikasi positif dengan provider dengan memanfaatkan kegiatan purna jual yaitu keluhan terhadap provider apabila terjadi pengurangan kepercayaankonsumen terhadap produk dan penelitian selanjutnya dilakukan secara terus menerus dengan interval waktu tertentu dapat diketahui apakah terjadi peningkatan kepuasan pelanggan akibat usaha-usaha perbaikan/peningkatan performance dari harga dan kualitas produk kartu prabayar yang dilakukan oleh operator jasa seluler yang berdampak pada loyalitas pelanggan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/30950 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |