Metode pembelajaran maharah kalam pada program bimbingan belajar (bimbel) bahasa arab siswa kelas viii di mts. tarbiyatut tholabah kranji paciran lamongan / Fawwaz Robby Arsyadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Metode pembelajaran maharah kalam pada program bimbingan belajar (bimbel) bahasa arab siswa kelas viii di mts. tarbiyatut tholabah kranji paciran lamongan / Fawwaz Robby Arsyadani

Arsyadani, Fawwaz Robby (2022) Metode pembelajaran maharah kalam pada program bimbingan belajar (bimbel) bahasa arab siswa kelas viii di mts. tarbiyatut tholabah kranji paciran lamongan / Fawwaz Robby Arsyadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arsyadani Fawwaz Robby. 2021. Pembelajaran Maharah Kalam pada Program Bimbingan Belajar Bahasa Arab kelas VIII di MTs. Tarbiyatut Tholabah Lamongan. Skripsi. Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Irhamni M. Pd. dan (2) Dra. Hj. Nur Anisah Ridlwan M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran maharah kalam program bimbingan belajar efektivitas efisiensi Penelitian tentang pembelajaran maharah kalam pada program bimbingan bejar bahasa Arab di MTs. Tarbiyatut Tholabah Lamongan ini menarik untuk dikaji karena program ini dapat menjadikan pesertanya mampu berbicara bahasa Arab dengan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran maharah kalam dari segi materi metode media dan evaluasi (2) efektivitas dan (3) efisiensi pembelajaran maharah kalam pada program bimbingan bejar bahasa Arab di MTs. Tarbiyatut Tholabah Lamongan . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observari wawancara angket dan dokumentasi. Data kualitatis dianalisis menggunakan metode deskriptif sedangkan data kuantitatif menggunakan statistik sederhana yang terdiri atas tahap persiapan tabulasi dan pengolahan data. Hasil penelitian ini adalah (1) Proses kegiatan belajar mengajar keterampilan berbicara (kalam) pada program bimbingan belajar (bimbel) bahasa Arab di MTs. Tarbiyatut Tholabah telah terbukti efektif. Dibuktikan dari hasil angket respons pengguna terhadap efektivitas kegiatan belajar mengajar maharah kalam pada siswa kelas VIII sebesar 87 33%. (2) Kegiatan belajar mengajar maharah kalam pada program bimbingan belajar (bimbel) bahasa Arab di MTs. Tarbiyatut Tholabah telah terbukti efisien. Dibuktikan dari hasil angket respons pengguna terhadap efisiensi kegiatan belajar mengajar maharah kalam pada siswa kelas VIII sebesar 88.25%. menandakan bahwa kegiatan pembelajaran ini efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:29
Last Modified: 31 Dec 2024 02:47
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/309441

Actions (login required)

View Item View Item