Agustina, Usfatul Ika (2011) Pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap sikap penggunaan layanan internet banking (studi pada komunitas virtual E-Banking BCA) / Usfatul Ika Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci persepsi manfaat persepsi kemudahan dan sikap penggunaan Perkembangan teknologi informasi telekomunikasi dan internet menyebabkan mulai munculnya aplikasi bisnis yang berbasis internet. Salah satunya adalah internet banking. Technology Acceptance Model (TAM) adalah teori yang menjelaskan penerimaan individu terhadap penggunaan sistem informasi. Model TAM ini menerangkan tentang keterkaitan antara teknologi informasi dengan faktor lain yang menjadi objek penelitian. TAM mendeskripsikan terdapat dua faktor yang secara dominan mempengaruhi integrasi teknologi yaitu persepsi manfaat dan persepsi kemudahan. Kedua faktor tersebut di aplikasikan oleh pengguna kedalam sikap yang ditunjukkan terhadap layanan internet banking. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi keadaan persepsi manfaat persepsi kemudahan dan sikap penggunaan layanan internet banking pada komunitas virtual E-Banking BCA pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap sikap penggunaan internet banking pada komunitas virtual E-Banking BCA. Variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi diantara persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap penggunaan internet banking pada komunitas virtual E-Banking BCA. Penelitian ini dilakukan pada komunitas virtual E-Banking BCA yang tergabung di situs akun jejaring sosial facebook E-Banking BCA Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu persepsi manfaat (X1) dan persepsi kemudahan (X2) sedangkan variabel terikat (Y) adalah sikap penggunaan. Populasi dalam penelitian ini yaitu komunitas virtual pengguna internet banking E-Banking BCA sebanyak 7.827 dengan sampel sebanyak 72 responden yang dipilih dengan menggunakan tehnik simple random sampling dan menggunakan instrumen berupa kuesioner yang dikirim melalui email. Sedangkan tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah tehnik analisis regresi linier berganda Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa persepsi manfaat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap sikap penggunaan internet banking sedangkan variabel persepsi kemudahan berpengaruh positif dan tidak signifikan dapat disimpulkan juga bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh adalah variabel persepsi manfaat dengan tidak diterimanya variabel persepsi kemudahan ini diharapkan bank sebaiknya memperbaiki fitur menu dan tampilan maupun interface web sehingga lebih mudah bagi semua nasabah menyediakan petunjuk manual dalam format pdf yang bisadi download serta lebih gencar lagi dalam meningkatkan edukasi terhadap nasabah akan manfaat dan kemudahan menggunakan layanan internet banking BCA
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/30937 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |