Purwantoro, Tri Ajie (2011) Pengaruh kepercayaan konsumen terhadap layalitas merek telepon seluler nokia tipe qwerty (Studi pada mahasiswa Universitas Negeri Malang) / Tri Ajie Purwantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci kepercayaan konsumen loyalitas merek. Dunia industri di dunia telah berkembang dengan pesat sebagai akibat dari adanya tingkat kebutuhan manusia yang semakin meningkat dan bervariatif. Salah satu industri yang berkembang yaitu industri telepon seluler. Nokia merupakan salah satu merek produsen ponsel dengan pangsa pasar terbesar di dunia. Persaingan yang kian ketat menuntut Nokia untuk meningkatkan loyalitas mereknya karena konsumen yang telah memiliki loyalitas terhadap merek akan menjadi hambatan masuk bagi para pesaing. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah mempertahankan kepercayaan konsumen terhadap produk mereka. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kepercayaan konsumen serta loyalitas merek telepon seluler Nokia tipe qwerty pengaruh kepercayaan konsumen (X) baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas merek telepon seluler Nokia tipe qwerty (Y) serta untuk mengetahui elemen kepercayaan konsumen yang dominan mempengaruhi loyalitas merek telepon seluler Nokia tipe qwerty. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari kepercayaan atribut-objek (X1) kepercayaan manfaat-atribut (X2) dan kepercayaan manfaat-objek (X3) dan variabel terikatnya adalah loyalitas merek (Y). Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Malang yang memiliki dan masih menggunakan telepon seluler merek Nokia tipe qwerty. Penentuan sampel menggunakan rumus infinite population dengan menggunakan a 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 174 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan multy stage sampling (proportional sampling dan accidental sampling) untuk menyebarkan kuesioner kepada responden. Kuesioner dalam penelitian ini termasuk dalam kuesioner tertutup menggunakan skala Likert 5 pilihan jawaban. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) 126 responden (72 41%) menyatakan setuju terhadap kepercayaan atribut-objek telepon seluler Nokia tipe qwerty (2) 134 responden (77 01%) menyatakan setuju terhadap kepercayaan manfaat-atribut telepon seluler Nokia tipe qwerty (3) 127 responden (72 99%) menyatakan setuju terhadap kepercayaan manfaat-objek telepon seluler Nokia tipe qwerty dan (4) 83 responden (47 7%) menyatakan setuju terhadap loyalitas merek telepon seluler Nokia tipe qwerty. Terdapat pengaruh secara parsial kepercayaan atribut-objek (X1) terhadap loyalitas merek telepon seluler Nokia tipe qwerty dengan nilai B 0 486 dan sig t 0 001 tidak terdapat pengaruh secara parsial kepercayaan manfaat-atribut (X2) terhadap loyalitas merek telepon seluler Nokia tipe qwerty dengan nilai B 0 263 dan sig t 0 053 terdapat pengaruh secara parsial kepercayaan manfaat-objek (X3) terhadap loyalitas merek telepon seluler Nokia tipe qwerty dengan nilai B 0 535 dan sig t 0 000. Terdapat pengaruh kepercayaan atribut-objek (X1) kepercayaan manfaat-atribut (X2) dan kepercayaan manfaat-objek (X3) secara simultan terhadap loyalitas merek telepon seluler Nokia tipe qwerty berdasarkan nilai Fhitung sebesar 23 460 dengan tingkat signifikansi 0.000. Sub variabel dari kepercayaan konsumen yang dominan berpengaruh terhadap loyalitas merek telepon seluler Nokia tipe qwerty adalah kepercayaan manfaat-objek dengan nilai sumbangan efektif sebesar 8%. Selain itu dalam diketahui pula Adjusted R Square sebesar 0 280 ini berarti bahwa variabel kepercayaan atribut-objek kepercayaan manfaat-atribut dan kepercayaan manfaat-objek secara bersama-sama mempengaruhi loyalitas merek telepon seluler Nokia sebesar 28% sedangkan sisanya sebesar 72% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) rata-rata sebagian responden memiliki kepercayaan atribut-objek kepercayaan manfaat-atribut dan kepercayaan manfaat-objek sudah baik terhadap loyalitas mahasiswa Universitas Negeri Malang terhadap merek telepon seluler Nokia tipe qwerty (2) kepercayaan atribut-objek berpengaruh secara positif yang signifikan terhadap loyalitas mahasiswa Universitas Negeri Malang terhadap merek telepon seluler Nokia tipe qwerty (3) kepercayaan manfaat-atribut tidak berpengaruh secara positif yang signifikan terhadap loyalitas mahasiswa Universitas Negeri Malang terhadap merek telepon seluler Nokia tipe qwerty (4) kepercayaan manfaat-objek berpengaruh secara positif yang signifikan terhadap loyalitas mahasiswa Universitas Negeri Malang terhadap merek telepon seluler Nokia tipe qwerty (5) kepercayaan konsumen secara simultan mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas mahasiswa Universitas Negeri Malang terhadap merek telepon seluler Nokia tipe qwerty dan (6) variabel kepercayaan konsumen yang dominan berpengaruh terhadap loyalitas merek adalah kepercayaan manfaat-objek. Saran dalam penelitian ini adalah (1) konsumen ponsel Nokia tipe qwerty yang banyak tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia harus bisa dipertahankan dengan cara menciptakan fitur-fitur yang lebih inovatif. (2) Nokia Corporation harus menjaga kepercayaan yang telah dimiliki konsumennya termasuk mahasiswa Universitas Negeri Malang agar loyalitas tetap terjaga sehingga meminimalkan kemungkinan konsumen berpindah ke merek lain. (3) Untuk penelitian selanjutnya objek penelitian diambil lebih baik agar data penelitian yang diperoleh lebih valid dan ruang lingkupnya lebih luas. (4) Untuk penelitian selanjutnya jumlah variabel ditambah selain variabel dalam penelitian ini dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/30910 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |