Mahardika, Galuh Agustina Mahardika (2024) Proposisi dalam wacana lisan endorsemen media sosial produk perawatan tubuh oleh influenser kecantikan tasya farasya / Galuh Agustina Mahardika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Iklan sebagai salah satu wujud dari media promosi telah mengalami beberapa perkembangan. Perkembangan iklan kini merambah ke dunia media sosial seperti facebook tiktok dan instagram. Semakin berkembangnya internet dan teknologi media promosi dalam dunia digital juga turut mengalami perkembangan. Sejak beberapa tahun terakhir iklan suatu produk dalam bentuk kegiatan endorse marak dijumpai di media sosial instagram. Tidak sedikit dari pengguna instagram tertarik dengan produk yang ditawarkan oleh seorang influenser kecantikan seperti Tasya Farasya. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan proposisi yang menarik perhatian pada butir utama proposisi yang menarik minat dan kesadaran pada badan proposisi yang mengubah perilaku/tindakan pada penutup dalam wacana lisan endorsemen media sosial dengan menggunakan teori struktur wacana iklan oleh Bolen. Selain itu mendeskripsikan teknik persuasi yang terdapat pada wacana lisan endorsemen media sosial dengan menggunakan teori persuasi oleh Keraf. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian berupa data verbal yang ditranskrip dari ujaran Tasya Farasya dalam video endorsemen media sosial produk perawatan tubuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu (1) menyusun daftar video (2) mengunduh video (3) menyimak dan melakukan transkrip video (4) membaca cermat hasil transkrip untuk mengidentifikasi data (5) menentukan data sesuai fokus penelitian dan (6) mereduksi data untuk dapat dikelompokkan sesuai indikator permasalahan. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat proposisi yang menarik perhatian pada butir utama wacana lisan endorsemen media sosial di antaranya yaitu (1) proposisi yang menekankan keuntungan calon konsumen (2) proposisi yang membangkitkan rasa ingin tahu pada calon konsumen (3) proposisi yang berupa pertanyaan yang menuntut perhatian lebih dan (4) proposisi yang memberi komando atau perintah kepada calon konsumen. Tiga proposisi yang menarik minat dan kesadaran pada badan dalam wacana lisan endorsemen media sosial yaitu (1) proposisi alasan subjektif (2) proposisi alasan objektif serta (3) proposisi alasan objektif dan subjektif. Tiga proposisi yang mengubah perilaku/tindakan pada penutup dalam wacana lisan endorsemen media sosial yaitu (1) pengembangan dengan teknik keras dan lunak (2) pengembangan dengan teknik lunak serta (3) pengembangan dengan teknik keras dan butir pasif. Selain itu terdapat sembilan teknik persuasi yang ditemukan dalam wacana lisan endorsemen media sosial yaitu (1) teknik persuasi rasionalisasi (2) teknik persuasi identifikasi (3) teknik persuasi sugesti (4) teknik persuasi konformitas (5) teknik persuasi kompensasi (6) teknik persuasi campuran rasionalisasi dan sugesti (7) teknik persuasi campuran rasionalisasi dan kompensasi (8) teknik persuasi campuran identifikasi dan sugesti serta (9) teknik persuasi campuran kompensasi dan sugesti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proposisi dan teknik persuasi yang terdapat pada wacana lisan endorsemen media sosial produk perawatan tubuh di Instagram merupakan bagian dari unsur-unsur dalam wacana iklan. Proposisi dan teknik persuasi keduanya bertujuan untuk memberikan pengaruh kepada konsumen agar konsumen bertindak sesuai dengan tujuan pengiklan. Penggunaan proposisi dan teknik persuasi itulah yang dapat membuat konsumen tertarik untuk membeli atau menggunakan produk yang diiklankan. Saran bagi pembaca hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk menjadi acuan penelitian selanjutnya dengan fokus yang berbeda serta menggali kajian masalah yang belum diteliti seperti kohesi dan koherensi dalam wacana lisan di media sosial. Bagi para pendidik bahasa Indonesia dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk keperluan pembelajaran seperti penyusunan teks iklan dan lainnya yang berkaitan dengan bahasa persuasi dan wacana iklan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 May 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/308887 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |