Sari, Galuh Andika Sari (2023) dukungan keluarga dalam menumbuhkan kepercayaan diri mahasiswa penyandang tunanetra di kota malang / Galuh Andika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Sari Galuh Andika. 2023. Dukungan Keluarga Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Penyayang Tunanetra di Kota Malang . Skripsi Departemen Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Rizqi Fajar Pradipta S.Pd. MPd Kata Kunci Keluarga Kepercayaan Diri Tunanetra Diantara kebutuhan dasar mahasiswa penyandang tunanetra yang perlu dipenuhi adalah kepercayaan diri hal ini didasarkan atas kondisi psikologis penyandang tunanetra yang minder dan suka mengisolasi diri. Keluarga atau orang tua dirasakan memiliki peran penting dan strategi dalam menumbuhkan kepercayaan diri siswa penyandang tunanetra sehingga potensi dan kemampuan akademik maupun non akademik dapat dikembangkan secara optimal sekaligus membantu proses mereka menuju kemandirian. Fokus penelitian meliputi (1) Bentuk dukungan keluarga dalam menumbuhkan kepercayaan diri mahasiswa penyandang tunanetra (2) Ham bat mahasiswa penyandang tunanetra dalam menumbuhkan kepercayaan diri (3) Kontribusi dukungan keluarga dalam menumbuhkan kepercayaan diri mahasiswa penyandang tunanetra. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan pendapat Miles dan Huberman yaitu (1) Reduksi data (2) Penyajian data (3) Verifikasi.Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan (1) B entuk dukungan keluarg dalam menumbuhkan kepercayaan diri siswa penyandang tunanetra yang meliputi dukungan emosional instrumental dan informasi (2) H ambatan yang menghadap keluarga dan mahasiswa penyandang tunanetra dalam menunmbuhkan kepercayaan diri adalah rasa malu hinaan dan kesulitan komunikasi maupun berinteraksi (3) Kontribusi dukungan keluarga dalam menumbuhkan kepercayaan diri mahasiswa penyandang tunanetra meliputi sikap menerima diri apa adanya menambah semangat berinteraksi serta semangat mengembangkan potensi secara optimal baik akademik maupun non akademik. Saran ditunjukkan kepada (1) O rang tua diharapkan dapat mengembangkan cara-cara memberikan dukungan yang sesuai dengan karakteristik dan kemampuan siswa penyandang tunanetra (2) M ahasiswa penyandang tunanetra diharapkan dapat menerima diri apa adanya sekaligus berpikir positif bahwa dirinya dapat melakukan sesuatu sebagaimana yang dilakukan siswa awas bahkan meyakini diri dapat mengembangkan diri secara optimal (3) Penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih lanjut kepercayaan diri mahasiswa penyandang tunanetra secara lebih menyeluruh bahkan berkembang hingga aspek kemandirian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/308537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |