Aksesibilitas fasilitas publik di stasiun kota blitar bagi disabilitas / Gading Riza Arifullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Aksesibilitas fasilitas publik di stasiun kota blitar bagi disabilitas / Gading Riza Arifullah

Arifullah, Gading Riza (2023) Aksesibilitas fasilitas publik di stasiun kota blitar bagi disabilitas / Gading Riza Arifullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifullah Gading Riza. 2022. Aksesibilitas Fasilitas Publik Di Stasiun Kota Blitar Bagi Disabilitas. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri malang. Pembimbing (I) Drs. Abd. Huda M.Pd (II) Muchamad Irvan S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Aksesibilitas Fasilitas Publik Stasiun Disabilitas sendiri merupakan individu yang memiliki keterbatasan dalam pemenuhan kegiatan sehari-hari sehingga membutuhkan bantuan dalam pemenuhannya. Salah satu hak yang dimiliki penyandang disabilitas yaitu mengenai aksesibilitas untuk mendapat fasilitas publik yang layak. Dalam pemenuhan kehidupan sehari-hari disabilitas membutuhkan alat transportasi salah satunya adalah kereta api sedangkan dalam pemenuhannya seorang disabilitas perlu ke stasiun. Dalam stasiun tersebut harus memiliki fasilitas publik yang aksesibel bagi disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Aksesibilitas dalam layanan publik 2) Aksesibilitas sarana dan prasarana publik 3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala pada aksesibilitas fasilitas publik di Stasiun Kota Blitar terhadap penyandang disabilitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Dimana penelitian ini mendeskripsikan secara rinci tentang aksesibilitas fasilitas publik di Stasiun Kota Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada Sugiyono (2015) yaitu Pengumpulan data reduksi data sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan didaparkan hasil bahwa (1) Pelayanan yang diberikan pihak Stasiun Kota Blitar bisa dikatakan sudah ramah disabilitas (2) Sarana dan prasarana yang disediakan sudah memenuhi standar minimum (3) Kendala yang terjadi pada pelayanan berupa terbatasnya pihak stasiun dalam berbahasa isyarat dan adanya pelanggaran hak disabilitas berupa sarpras dan (4) Upaya yang dilakukan berupa pelatihan terhadap petugas dan himbauan terhadap pelanggan untuk mentaati peraturan. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan saran yang dapat disampaikan peneliti adalah sebagai berikut pihak stasiun diharap senantiasa untuk selalu melakukan evaluasi terhadap pelayanan maupun sarana prasarasan bagi disabilitas. Kemudian diharapkan untuk mengembangkan sarana dan prasaran yang ada seperti guilding block. Untuk pelayanan diharapkan untuk selalu mengembangkan kemampuan dalam bahasa isyarat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Nov 2023 04:29
Last Modified: 27 Sep 2024 02:02
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308501

Actions (login required)

View Item View Item