Pengembangan e-modul mata pelajaran IPS pada materi jenis-jenis usaha Kelas v SDN Kauman 02 Kota Blitar / Silvi Meilasari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul mata pelajaran IPS pada materi jenis-jenis usaha Kelas v SDN Kauman 02 Kota Blitar / Silvi Meilasari</p>

Meilasari, Silvi (2023) Pengembangan e-modul mata pelajaran IPS pada materi jenis-jenis usaha Kelas v SDN Kauman 02 Kota Blitar / Silvi Meilasari</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ketidakberagaman bahan ajar yang inovatif dalam pembelajaran menjadi persoalan signifikan karena dapat menyebabkan siswa merasa bosan kurang antusias dan sulit untuk berkonsentrasi saat memahami materi. Dampaknya adalah prestasi belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis usaha dalam bidang ekonomi menjadi rendah sementara itu tingkat dari kemandirian siswa juga menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul untuk materi jenis-jenis usaha bidang ekonomi dengan memasukkan unsur karakter mandiri. Validitasnya akan dievaluasi oleh ahli dan diharapkan menjadi alat praktis bagi guru dan peserta didik kelas V SDN Kauman 02 Kota Blitar. Mendapatkan skor rata-rata sebesar 87 88% dari ahli materi dan skor rata-rata 97 6% dari ahli media dengan kategori keduanya sangat valid. Sedangkan uji kepraktisan mendapatkan nilai rata-rata 94 5% dari guru dengan kategori sangat praktis 94 4% dari penilaian kelompok kecil dengan kategori sangat praktis dan 95 4% dari penilaian kelompok besar dengan kategori sangat praktis. Efektivitas penilaian terhadap prestasi belajar siswa dievaluasi melalui uji-t dengan bantuan SPSS dan menghasilkan nilai 0 000 yang menunjukkan bahwa 0 000 lt 0 05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil ini menandakan adanya peningkatan prestasi belajar siswa di kelas V SDN Kauman 02 Kota Blitar menggunakan media pembelajaran e-modul yang terbukti dari rata-rata antara hasil belajar pre-test dan post-test. Secara keseluruhan berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul dengan materi jenis-jenis usaha dalam bidang ekonomi dianggap layak oleh para ahli dan praktis untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran guna meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/307417

Actions (login required)

View Item View Item