Pengembangan lkpd materi pecahan bermuatan etnomatematika dengan penguatan profil pelajar pancasila peserta didik kelas iv sekolah dasar / VIRNA TRI HANDAYANI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lkpd materi pecahan bermuatan etnomatematika dengan penguatan profil pelajar pancasila peserta didik kelas iv sekolah dasar / VIRNA TRI HANDAYANI

Handayani, Virna Tri Handayani (2023) Pengembangan lkpd materi pecahan bermuatan etnomatematika dengan penguatan profil pelajar pancasila peserta didik kelas iv sekolah dasar / VIRNA TRI HANDAYANI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang tersedianya LKPD yang menarik dan sesuai dengan kemampuan peserta didik yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD dengan materi pecahan senilai yang bermuatan etnomatematika dengan penguatan profil pelajar Pancasila untuk peserta didik kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid menurut ahli materi dan ahli LKPD serta memenuhi kriteria praktis dan menarik menurut peserta didik. LKPD ini disusun berdasarkan kurikulum merdeka untuk membantu peserta didik menemukan konsep materi dan lebih memahami materi pecahan senilai. Metode yang digunakan adalah R amp D dengan model ADDIE. Hasil dari validasi oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata dengan persentase 92 23%. Sedangkan hasil dari validasi oleh ahli LKPD diperoleh skor rata-rata dengan persentase 97 22%. Kepraktisan dan kemenarikan produk LKPD materi pecahan bermuatan etnomatematika dengan penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan dengan uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Kepraktisan produk LKPD memperoleh skor dengan persentase 97 78% dan 92 14%. Sedangkan kemenarikan produk LKPD pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan memperoleh skor dengan persentase 100% dan 96 43%. Sehingga LKPD materi pecahan bermuatan etnomatematika dengan penguatan profil pelajar Pancasila dapat dikategorikan sangat valid sangat praktis dan sangat menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu LKPD yang dikembangkan juga dapat memberikan penguatan dari keenam dimensi profil pelajar Pancasila kepada peserta didik sesuai dengan kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/307281

Actions (login required)

View Item View Item