Fortuna, Talya Novelitta Dewi Fortuna (2023) Efikasi diri dan kompetensi pedagogik guru kelas rendah dalam membimbing siswa membaca permulaan di sdn gunungsari 04 kota batu / Talya Novelitta Dewi Fortuna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang berdampak pada efikasi diri dan mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru kelas rendah di SDN Gunungsari 04 dalam membimbing siswa membaca permulaan. Ruang lingkup penelitian terbatas pada pengamatan partisipatif faktor-faktor efikasi diri dan pengaktualisasiannya pada kompetensi pedagogik guru kelas rendah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara observasi dan dokumentasi. Guru kelas rendah menyadari pentingnya efikasi diri dalam mencapai hasil belajar positif dalam membaca permulaan. Faktor-faktor yang berdampak pada efikasi diri guru meliputi pengalaman performansi pengalaman vikarius persuasi sosial dan keadaan emosional. Pengaktualisasian efikasi diri guru nampak dalam pembelajaran dengan menunjukkan kompetensi pedagogik yang baik. Media dan metode pembelajaran yang digunakan bervariasi sesuai tingkat kognitif siswa. RPP disesuaikan dengan menambahkan indikator literasi dan kearifan lokal yang ada untuk membantu meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Pembelajaran membaca permulaan berlangsung tertib didukung pengkondisian kelas yang baik. Evaluasi proses dan hasil membaca permulaan dilakukan dengan tes baca tulis sedangkan pengayaan serta remedial dilakukan bersamaan proses pembelajaran. Bimbingan dan konseling bagi siswa yang kurang dalam membacanya dilakukan pada hari Sabtu bagi siswa kelas 1 dan sepulang sekolah bagi siswa kelas 2 dan 3.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/307245 |
Actions (login required)
View Item |