Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi usaha dan energi kelas x sman 1 gondang / Muhammad Fatchurrohman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi usaha dan energi kelas x sman 1 gondang / Muhammad Fatchurrohman

Fatchurrohman, Muhammad Fatchurrohman (2023) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi usaha dan energi kelas x sman 1 gondang / Muhammad Fatchurrohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMAN 1 Gondang Tulungagung dalam pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi ditemukan bahwa para peserta didik sulit untuk memahami materi dan kurang fokus dalam menerima penjelasan yang disampaikan guru. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemanfaatan teknologi dan sarana parasarana sebagai penunjang dalam proses pembelajaran. Pembelajaran masih berpusat terhadap guru dan penggunaan media pembelajaran yang kurang efektif. Sehingga membuat peserta didik kurang fokus terhadap proses belajar. Berangkat dari hasil observasi tersebut peneliti mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis android dengan materi pembahasan usaha dan energi di kelas X. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R amp D) untuk model pengembangan yang digunakan adalah model Lee amp Owens dengan langkah ndash langkah analisi kebutuhan dan analisis awal-akhir desain pengembanga implementasi dan evaluasi. Hasil dari pengembangan dalam penelitian ini yaitu program aplikasi yang dijalankan pada sistem android bernama ldquo Usaha dan Energi rdquo .Kelayakan multimedia pembelajaran ini dinilai dari hasil uji validasi ahli dan respon siswa terhadap penggunaan multimedia pembelajaran. Untuk penilaian tingakt kevalidan dari ahli materi mendapatkan nilai 96 84% dan uji validasi ahli media menunjukan nilai 97 78% dengan kriteria valid. Perolehan dari angket respon siswa menunjukan hasil dengan persentase 88 25% dan mendapatkan respon positif dan dinyatakan sangat praktis. Untuk hasil peningkatan hasil belajar melalui shy pre-test dan post-tes shy yang dihitung dengan uji n-gain mendapatkan hasil 0 77 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hal tersebut maka multimedia pembelajaran ini dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305600

Actions (login required)

View Item View Item