Pengembangan perangkat pelatihan untuk meningkatkan technological pedagogical knowledge guru / Christophorus Ardi Nugraha</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pelatihan untuk meningkatkan technological pedagogical knowledge guru / Christophorus Ardi Nugraha</p>

Nugraha, Christophorus Ardi (2023) Pengembangan perangkat pelatihan untuk meningkatkan technological pedagogical knowledge guru / Christophorus Ardi Nugraha</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di masa pandemi Covid-19 tren blended learning meningkat dengan pesat. Pemerintah menyediakan berbagai sarana pendukung agar guru dan pelajar bisa melaksanakan blended learning salah satunya adalah akun pembelajaran. Sayangnya lonjakan permintaan dan pemberian fasilitas pendukung ini tidak diimbangi dengan keterampilan yang memadai untuk menyelenggarakan pembelajaran daring dengan baik. Masih banyak guru di unit kerja penulis yang tidak mengetahui bagaimana memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. Berdasarkan masalah di atas penulis berinisiatif untuk mengembangkan pelatihan guru untuk meningkatkan pengetahuan teknologis pedagogis. Kegiatan ini dikembangkan dengan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan menggunakan model Analyze Design Develop Implement Evaluate (ADDIE). Langkah-langkah pada tiap tahap pengembangan disesuaikan dengan keadaan lapangan agar tetap operasional. Melalui kegiatan pengembangan profesi yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa efektivitas kegiatan ini berkisar dari 50% sampai dengan 87%. Kegiatan ini dapat diduplikasi atau diselenggarakan lagi dengan beberapa penyesuaian. Pertama pelatihan ini cocok untuk guru tingkat SD/SMP/SMA/SMK. Apabila akan digunakan untuk guru PAUD/TK pelatihan ini perlu didesain ulang agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan kecepatan belajar para guru PAUD/TK. Kedua akan jauh lebih baik apabila institusi tempat guru bekerja menyediakan jam khusus untuk pengembangan profesi yang juga dihitung ke dalam jam mengajar/tambahan guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305097

Actions (login required)

View Item View Item