Anggaro, Rita (2022) Pengaruh strategi flipped classroom berbantuan video animasi terhadap kemampuan analisis siswa kelas V SD Negeri Randuagung 03 Lumajang ditinjau dari student engagement / Rita Anggaro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran matematika dirasa kurang mencapai hasil optimal oleh karena ketidaksesuaian strategi pembelajaran yang dirancang dan diimplementasikan di dalam kelas. Hal ini menyebabkan siswa merasa sulit untuk memahami materi yang bersifat analisis pada mata pelajaran matematikan kelas V SD. Oleh karena itu tujuan penelitian ini yaitu untuk menginvestigasi pengaruh implementasi strategi flipped classroom berbantuan video animasi terhadap kemampuan analisis siswa ditinjau dari student engagement. Desain penelitian kuasi eksperimen dengan faktorial 2x2 digunakan untuk melihat hasil dari pengaruh utama dan pengaruh interaksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 28 siswa dari kelompok eksperimen dan 28 siswa lainnya dari kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen siswa diajarkan dengan menggunakan strategi flipped classroom berbantuan video animasi. Sementara itu pada kelompok kontrol siswa diajar dengan menggunakan metode tradisional. Hasil uji anova dua jalan menunjukkan ada perbedaan hasil belajar analisis antara kelompok siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan strategi pembelajaran flipped classroom berbantuan video animasi dan kelompok siswa yang diberi perlakuan dengan metode tradisional ada perbedaan hasil belajar analisis pada mata pelajaran matematika kelas V SD antara siswa yang memiliki engagement tinggi dan siswa yang memiliki engagement rendah dan ada interaksi antara strategi pembelajaran dan engagement terhadap hasil belajar analisis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 May 2022 04:29 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 06:48 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/305095 |
Actions (login required)
View Item |