Vani, Karunia Tiara (2023) Desain pembelajaran proyek kolaborasi menggunakan model seci untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada bidang studi IPS di tingkat SMP / Karunia Tiara Vani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran IPS di tingkat SMP khususnya kelas 8 memiliki tujuan pembelajaran yang relevan dengan keterampilan Abad 21. Oleh sebab itu pembelajaran berbasis proyek menjadi metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut. Namun pada praktiknya terdapat tantangan yang dihadapi siswa ketika mengikuti pembelajaran berbasis proyek. Pengembangan desain pembelajaran proyek kolaborasi dengan model SECI dilakukan untuk menghasilkan desain pembelajaran yang valid praktis menarik dan efektif. Pengembangan dilakukan untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran berbasis proyek yaitu kesulitan perumusan masalah kesulitan pengaturan kelompok dan tantangan dalam pengembangan ide. Pengembangan desain pembelajaran ini menggunakan model Dick and Carey. Model pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis proyek yang diintegrasikan dengan model SECI. Model SECI merupakan model untuk mentransfer pengetahuan yang terdiri dari socialization externalization combination dan internalization. Pengembangan desain pembelajaran ini menghasilkan sintaks pembelajaran yang menjadi dasar pelaksanaan pembelajaran. Evaluasi formatif terkait kelayakan produk dilakukan oleh ahli desain pembelajaran dan ahli materi. Uji coba implementasi desain pembelajaran juga dilakukan pihak eksternal sebagai bagian dari evaluasi formatif. Uji coba kepada siswa dan uji coba implementasi desain pembelajaran dilakukan untuk menguji kepraktisan dan kemenarikan desain pembelajaran. Dalam desain pembelajaran yang diuji kepada siswa siswa menunjukkan partisipasi dalam tiap tahapan sintaks dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Siswa juga menuliskan refleksi pembelajaran yang menyatakan bahwa desain pembelajaran memampukan untuk mengembangkan ide dan melatih keterampilan kolaborasi. Hasil kelayakan dan uji coba yang dilakukan menunjukkan bahwa desain pembelajaran yang dikembangkan valid praktis dan menarik sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Dalam pengembangan desain pembelajaran diukur juga keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi sebagai bagian dari keterampilan abad 21. Hasilnya pembelajaran dianggap mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis karena hasil belajar siswa meningkat. Adapun hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan tes yang dirancang dengan indikator keterampilan berpikir kritis. Demikian pula desain pembelajaran dianggap praktis karena di akhir pembelajaran siswa memiliki keterampilan kolaborasi yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/305094 |
Actions (login required)
View Item |