Pengaruh hybrid learning dengan model kolaboratif berbasis masalah terhadap hasil dan minat belajar memahami teks cerita inspiratif / Lusy Ayu Widowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh hybrid learning dengan model kolaboratif berbasis masalah terhadap hasil dan minat belajar memahami teks cerita inspiratif / Lusy Ayu Widowati

Widowati, Lusy Ayu Widowati (2023) Pengaruh hybrid learning dengan model kolaboratif berbasis masalah terhadap hasil dan minat belajar memahami teks cerita inspiratif / Lusy Ayu Widowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pasca pandemi Covid 19 ada kekhawatiran yang berkembang tentang penurunan minat belajar siswa dan dampaknya terhadap hasil belajar. Dalam hal ini termasuk juga banyaknya masalah minat belajar dan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dihadapi oleh siswa. Oleh karena itu diperlukan pendekatan pembelajaran yang efektif untuk mengatasi masalah ini. Model pembelajaran kolaboratif berbasis masalah merupakan salah satu pilihan pendekatan pembelajaran untuk mengatasi masalah minat dan hasil belajar. Selain itu dengan bantuan teknologi komunikasi guru dapat menerapkan hybrid learning sehingga dapat mengatasi berbagai keterbatasan dalam pelaksanaan pembelajaran. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penerapan hybrid learning dengan model kolaboratif berbasis masalah tidak hanya meningkatkan hasil belajar meningkatkan pengetahuan antusiasme dan minat siswa tetapi juga memunculkan pengembangan pembelajaran serta melatih kecakapan 4C yang sangat membantu siswa untuk bersaing di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan minat dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan secara hybrid dengan pembelajaran tatap muka menggunakan model kolaboratif berbasis masalah pada materi menelaah teks cerita inspiratif. Rancangan penelitian menggunakan desain quasi eksperimen - nonequivalent control group. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan hybrid learning dengan model kolaboratif berbasis masalah dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran tatap muka dengan model kolaboratif berbasis masalah. Sebelum perlakuan kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan pre-test untuk mengukur minat dan hasil belajar. Setelah perlakuan kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan post-test untuk mengukur minat dan hasil belajar Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) minat belajar siswa yang pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dan (2) hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305090

Actions (login required)

View Item View Item