Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berpendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan siswa menganalisis konsep suhu dan kalor / Andy Muhammad Rifqi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berpendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan siswa menganalisis konsep suhu dan kalor / Andy Muhammad Rifqi</p>

Rifqi, Andy Muhammad (2023) Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berpendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan siswa menganalisis konsep suhu dan kalor / Andy Muhammad Rifqi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan abad 21 memerlukan pengembangan teknologi guna meningkatkan proses pembelajaran. Pandemi COVID 19 membuat adanya tuntutan transformasi digital di bidang pendidikan yang mengharuskan pembelajaran dalam jaringan (daring) termasuk juga pembelajaran sains. Tujuan dari penelitian ini menghasilkan pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berpendekatan saintifik 5M dalam melakukan analisis konsep yang berkaitan dengan suhu dan kalor dalam kehidupan sehari-hari. Data penelitian yang dihasilkan diuji dengan melakukan uji validasi dan uji keterbacaan. Penelitian ini memakai rancangan penelitian dan pengembangan (R amp D) yang didesain menggunakan model 4D dari Thiagarajan Semmel dan Sammel (1974). Model 4-D mempunyai 4 tahapan yaitu mendefinisikan (Defining) merancang (Designing) mengembangkan (Developing) dan menyebarkan (Disseminating). Media pembelajaran PowerPoint interaktif yang telah dibuat dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli konsep. Sedangkan uji keterbacaan diujikan kepada siswa SMPN 1 Kraton. Uji validasi media oleh dosen ahli media diperoleh skor 100% dengan kategori ldquo sangat layak rdquo . Sedangkan uji validasi konsep suhu dan kalor yang dilakukan guru diperoleh skor 95 46% dengan kategori ldquo sangat layak rdquo . Adapun uji keterbacaan pengguna memperoleh skor 100% dengan kategori ldquo sangat layak rdquo . Hasil dari uji yang dilakukan membuktikan bahwa media pembelajaran PowerPoint interaktif yang dikembangkan bisa diaplikasikan sebagai bahan pembelajaran siswa bahkan bisa membantu meningkatkan kemampuan siswa memahami konsep. Selain itu media pembelajaran ini dikemas berbeda dengan menggunakan pendekatan saintifik 5M yang digunakan sebagai kegiatan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305013

Actions (login required)

View Item View Item