Peningkatan keterampilan berpikir kreatif pada materi bioteknologi melalui uji efektivitas e-modul berbasis project based learning-stem dilengkapi asesmen formatif / Edwin Setia Pambudi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berpikir kreatif pada materi bioteknologi melalui uji efektivitas e-modul berbasis project based learning-stem dilengkapi asesmen formatif / Edwin Setia Pambudi</p>

Pambudi, Edwin Setia (2023) Peningkatan keterampilan berpikir kreatif pada materi bioteknologi melalui uji efektivitas e-modul berbasis project based learning-stem dilengkapi asesmen formatif / Edwin Setia Pambudi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pesatnya perkembangan IPTEK menuntut siswa untuk lebih menguasai keterampilan berpikir kreatif. Materi bioteknologi dapat digunakan sebagai perantara siswa dalam menguasai IPTEK sehingga siswa mampu mengembangkan keterampilan untuk beradaptasi terhadap perubahan teknologi maupun penerapannya. Akan tetapi keterampilan berpikir kreatif siswa dalam mempelajari materi bioteknologi saat ini masih dikategorikan rendah. E-Modul merupakan bahan ajar siswa berformat elektronik sebagai salah satu bukti dari kemajuan teknologi yang dapat dilengkapi dengan video audio dan animasi. Namun implementasi E-Modul yang mendukung kegiatan pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STEM dengan memperhatikan hubungan timbal balik guru dengan siswa masih jarang dilakukan. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi bioteknologi melalui uji keefektifan pembelajaran E-Modul berbasis Project Based Learning-STEM dilengkapi asesmen formatif. Penelitian dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen yang termasuk salah satu bagian dari metode kuantitatif. Desain penelitian berupa kuasi eksperimen (Quasi-experimental design) dengan non-equivalent pretest - posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pembelajaran kelas eksperimen dilakukan di kelas IX D dengan jumlah 31 siswa yang mendapat pembelajaran penerapan E-Modul berbasis Project Based Learning-STEM dilengkapi asesmen formatif sedangkan kelas kontrol dilakukan di kelas IX C dengan jumlah 31 siswa yang memperoleh perlakuan pembelajaran konvensional yakni pembelajaran sehari-hari dan tanpa penerapan E-Modul. Instrumen tes pada penelitian ini berbentuk Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Bioteknologi yang tersusun atas 8 butir soal uraian tertulis. Sebelumnya tes tersebut dilakukan pengujian secara empirik dengan reliabilitas sebesar 0 87 sehingga dinyatakan terpercaya atau reliabel digunakan sebagai instrumen pengumpul data. Data kuantitatif yang didapat berupa nilai pretest posttest dan selisihnya untuk melihat peningkatannya (different score). Selanjutnya data dianalisis menggunakan statistik deskriptif uji normalitas dan homogenitas uji beda serta N-gain. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan (different score) kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih baik jika dibandingkan dengan kelas kontrol dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi 0 000 yang berarti lt 0 05 dan hasil uji N-Gain baik secara total submateri bioteknologi maupun setiap indikator berpikir kreatif kelas eksperimen menghasilkan peningkatan kategori sedang yang satu tingkat lebih tinggi daripada kelas kontrol yang kategori rendah. Berdasarkan peningkatan setiap indikator kelas eksperimen memperoleh peningkatan tertinggi pada indikator berpikir lancar (fluency) dengan peningkatan sebesar 0 83 (kategori tinggi) dan peningkatan terendah terjadi pada indikator berpikir asli (originality) dengan nilai 0 46 (kategori sedang) sedangkan pada kelas kontrol peningkatan tertinggi terjadi pada indikator berpikir lancar (fluency) dengan nilai sebesar 0 32 (kategori sedang) dan peningkatan terendah pada indikator berpikir merinci (elaboration) dengan nilai 0 12 (kategori rendah). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media E-Modul berbasis PjBL-STEM dilengkapi asesmen formatif pada materi bioteknologi dinyatakan memiliki peningkatan yang signifikan dan mampu efektif melatih keterampilan berpikir kreatif siswa SMP dalam mempelajari materi bioteknologi. Rekomendasi penelitian mendatang disarankan menambahkan aspek ldquo Seni rdquo dan ldquo Agama rdquo pada pendekatan STEM dalam E-Modul untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305010

Actions (login required)

View Item View Item