Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis literasi saintifik pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk Kelas VIII SMP / May Dina Zakiyah Ilma</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis literasi saintifik pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk Kelas VIII SMP / May Dina Zakiyah Ilma</p>

Ilma, May Dina Zakiyah Ilma (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis literasi saintifik pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk Kelas VIII SMP / May Dina Zakiyah Ilma</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan keterampilan belajar diperlukan untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan baru. Pendidikan diharapkan dapat berkontribusi dalam kemampuan pemahaman peserta didik untuk menggunakan pengetahuan ilmiahnya dalam kehidupan sehari-hari dan tanggung jawab sosial. Meningkatkan pemahaman peserta didik dalam sains diperlukan kemampuan literasi saintifik untuk mengakrabkan pengetahuan ilmiahnya pada lingkungan sekitar. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hasil uji validasi uji empiris serta uji kepraktisan dari LKPD berbasis literasi saintifik pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) yang menerapkan 4-D model yang dimodifikasi meliputi define design dan develop. Hasil penelitian ini diperoleh LKPD yang sangat valid dengan skor penilaian dari uji validitas media 97.48% sebesar dan skor penilaian uji validitas materi sebesar 96.8%. Dari pengujian empiris butir soal didapatkan 8 butir soal valid dengan reliabilitas yang sangat tinggi serta 15 butir soal tidak valid. Hasil uji kepraktisan oleh peserta didik didapatkan rerata sebesar 96.6% yang dikategorikan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305005

Actions (login required)

View Item View Item