Puspitaning, Rahma Shinta (2022) Pengembangan media pembelajaran animasi berbasis PBL-Stem dengan asesmen formatif untuk meningkatkan berpikir kritis siswa Kelas VII SMP pada materi pencemaran lingkungan / Rahma Shinta Puspitaning</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pencemaran lingkungan merupakan materi yang sangat penting dipelajari untuk menemukan solusi atas permasalahan lingkungan tetapi materi ini kurang maksimal dalam pemahamannya. Memahami materi merupakan landasan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan ini salah satu modal intelektual yang harus dikuasai di abad ke-21 namun data PISA 2018 menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa Indonesia masih rendah. Media animasi mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis sehingga memungkinkan munculnya ide-ide dalam menanggapi dan menyelesaikan permasalahan. Kemampuan ini dapat dilatih dan ditingkatkan melalui pembelajaran berbasis masalah terintegrasi STEM karena membuat siswa kritis dalam memecahkan permasalahan nyata. Untuk memantau perkembangan dan pencapaian hasil belajar diperlukan adanya penilaian formatif. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran animasi PBL-STEM dengan penilaian formatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan yang layak. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development model ADDIE 5 tahapan. Pengambilan data dilakukan dengan cara studi literatur dan angket. Hasil validasi produk oleh validator seorang dosen dan guru IPA menunjukkan rata-rata presentase RPP 91% materi 97 3% dan media 97 8% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi instrumen soal berpikir kritis dan penilaian formatif yang dilakukan oleh validator seorang dosen juga memperoleh hasil dengan kategori sangat layak. Presentase uji keterbacaan siswa memiliki rata-rata 95 3% dengan kategori sangat layak. Hal ini menunjukkan media pembelajaran animasi PBL-STEM dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada materi pencemaran lingkungan. Untuk peneliti mendatang direkomendasikan agar melakukan uji efektivitas produk pada desain penelitian kuasi eksperimen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304995 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |