Noviasari, Dwi Hadi Indah (2021) Pengembangan bahan ajar IPA model inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep materi pencemaran lingkungan berbasis wilayah di Lumajang / Dwi Hadi Indah Noviasari</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Proses pengalaman belajar secara langsung sehingga siswa mempunyai kemampuan untuk mengembangkan pemahamannya mengenai fenomena alam konsep dan prinsip IPA serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari hal ini disebut pembelajaran IPA. Kegiatan belajar IPA seharusnya berpusat pada siswa namun pada kenyataannya guru masih mendominasi dalam kegiatan khususnya dalam materi pencemaran lingkungan. Kenyataan tersebut yang mendasari peneliti melakukan pengembangan bahan ajar dengan model inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep berbasis wilayah di Kota Lumajang dalam kegiatan mengkaji terjadinya pencemaran lingkungan serta dampak bagi ekosistem. Tujuan dari penelitian pengembangan adalah menghasilkan produk beruapa bahan ajar dengan model inkuiri terbimbing yang memfokuskan kegiatan belajar pada siswa dan meningkatkan penguasaan konsep materi pencemaran lingkungan yang valid dan layak digunakan. Metode penelitian pengembangan menggunakan model pembelajaran 4D (Four-D) oleh Thiagarajan 1974 dibatasi dengan tiga langkah yaitu langkah pembatasan (define) langkah perencanaaan (design) dan langkah pengembangan (develop). Pengujian produk yang telah dikembangkan menggunakan uji validasi. Hasil penelitian diperoleh presentase 94% dari hasil uji keterbacaan guru sedangkan presentase sebesar 89% diperoleh dari hasil uji keterbacaan siswa dikategorikan produk bahan ajar yang dikembangkan sangat valid.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304968 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |