Ariyanti, Faradillah Dwi (2021) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis flash pada materi pengukuran kelas VII SMP/MTS / Faradillah Dwi Ariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wabah Covid-19 membuat pemerintah memutuskan untuk menetapkan pembelajaran secara daring. Dengan adanya hal tersebut guru dituntut untuk kreatif menggunakan teknologi. Berdasarkan hasil wawancara pada siswa dan studi pustaka yang dilakukan pemahaman siswa mengenai materi pengukuran masih rendah terutama pada cara membaca alat ukur. Untuk mengatasi hal tersebut upaya yang bisa dilakukan salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yang valid dan layak pada pokok bahasan pengukuran. Model pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Lee Owens yang dibatasi dalam tiga tahap yaitu penilaian/analisis desain dan pengembangan. Kevalidan media diperoleh melalui validasi dosen ahli materi dan ahli media serta guru IPA SMP Negeri 2 Sidoarjo dan dilakukan uji keterbacaan terhadap siswa. Media pembelajaran tersebut diujikan terhadap 31 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sidoarjo. Hasil yang diperoleh dari validasi media sebesar 85 56% validasi materi sebesar 88 53% validasi guru sebesar 95 83% dan uji keterbacaan siswa sebesar 85 5%. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif valid dan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304899 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |