Tindakan konsumsi penggemar boy group bts dalam membentuk identitas di komunitas army malang / Nur Faizah Isnaeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Tindakan konsumsi penggemar boy group bts dalam membentuk identitas di komunitas army malang / Nur Faizah Isnaeni

Isnaeni, Nur Faizah Isnaeni (2023) Tindakan konsumsi penggemar boy group bts dalam membentuk identitas di komunitas army malang / Nur Faizah Isnaeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Korean pop merupakan aliran musik dari Korea Selatan yang saat ini sedang boomingdi seluruh dunia bahkan di Indonesia. Sebenarnya K-Pop sudah berkembang di Indonesia sejak tahun 1990 an dan kembali terkenal pada tahun 2000an. Apalagi saat ini media sosial dan teknologi yang semakin berkembang membuat para penggemar K-Pop menjadi lebih mudah untuk mengakses informasi tentang idolanya sehingga kemudian terbentuklah fanbase atau kelompok penggemar yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Seperti salah satunya adalah yang terlihat dari penggemar boy group Korea Selatan BTS yang dikenal dengan nama Army yang tergabung dalam Komunitas Army Malang dimana Army Malang ini kerap kali melakukan tindakan konsumsi barang BTS seperti membeli beberapa barang-barang atau merchandise BTS seperti album photocard lightstick boneka dan lain sebagainya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana bentuk tindakan konsumsi yang dilakukan oleh penggemar BTS (ARMY) di Komunitas ARMY Malang dan apakah tindakan konsumsi yang dilakukan oleh penggemar BTS di Komunitas ARMY Malang dapat membentuk identitas antar penggemar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang kemudian didapatkan hasil bahwasanya Army di Komunitas seringkali melakukan tindakan konsumtif barang ndash barang yang berhubungan dengan BTS yang merupakan sebuah cara dalam membentuk identitasantar sesama penggemar. Selain melakukan tindakan konsumtif barang BTS hasil lain yang ditemukan adalah terkait latar belakang anggota Army Malang dalam melakukan tindakan konsumtif cara dan dimana mereka membeli merchandise juga dari mana uang yang didapatkan untuk melakukan tindakan konsumsi merchandise dari BTS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304611

Actions (login required)

View Item View Item