Pengaruh kualitas layanan terhadap store loyalty (Studi pada konsumen mini market Sejahtera milik Koperasi PT PG Krebet Baru) / Yosephin Resti Yuvicha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas layanan terhadap store loyalty (Studi pada konsumen mini market Sejahtera milik Koperasi PT PG Krebet Baru) / Yosephin Resti Yuvicha

Yuvicha, Yosephin Resti (2008) Pengaruh kualitas layanan terhadap store loyalty (Studi pada konsumen mini market Sejahtera milik Koperasi PT PG Krebet Baru) / Yosephin Resti Yuvicha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuvicha Yosephin Resti. 2008. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Store Loyalty (Studi pada Konsumen Mini Market Sejahtera Milik Koperasi PT PG Krebet) Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Dwi K M.Si. (II) Ita Prihatining Wilujeng S.E. M.M. Kata Kunci Kualitas Layanan Ritel Store Loyalty Pemasaran umumnya dipandang sebagai tugas untuk menciptakan memperkenalkan dan menyerahkan barang ataupun jasa kepada konsumen dan perusahaan lain. Salah satu cara meningkatkan pemasaran adalah dengan memahami tentang kualitas layanan serta pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen. Dalam bisnis maupun usaha ritel modern kualitas layanan sangat mendukung dalam menghadapi persaingan karena dengan memperhatikan serta mengetahui kualitas layanan tersebut bisa diketahui hal-hal apa saja yang sebaiknya dilakukan guna meningkatkan loyalitas konsumen karena dalam kualitas layanan itu terdapat dimensi-dimensi yang bisa membantu mengukur loyalitas konsumen dalam hal ini niat berbelanja atau membeli kembali. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pengaruh kualitas layanan terhadap store loyalty. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas layanan yang memiliki dimensi-dimensi pengukuran yang terdiri dari bukti fisik kehandalan daya tanggap jaminan dan empati sedangkan variabel terikatnya adalah Store Loyalty.Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen mini market Sejahtera yang membeli barang atau pernah berbelanja di mini market Sejahtera kurang dari dua bulan pada saat pengambilan sampel.Dalam penelitian ini menggunakan 120 sampel yang penentuan jumlah sampelnya menggunakan rumus Daniel and Terrer Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda (multiple regression) dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS for Windows seri 13.0. hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Dimensi bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap store loyalty. 2) Dimensi kehandalan berpengaruh positif dan signifikan store loyalty signifikan 3) Dimensi Daya tanggap memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap store loyalty 4) Dimensi jaminan berpengaruh positif dan signifikan terhadap store loyalty 5) Dimensi Empati berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap store loyalty 6) Dari semua dimensi yang diteliti dimensi yang dominan dalam mempengaruhi store loyalty konsumen dimensi kehandalan. Saran yang dapat dikemukakan guna dijadikan pertimbangan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama penelitian adalah ditujukan kepada pihak koperasi karyawan sejahtera sebagai pengelola serta penanggung jawab atas unit usahanya dalam bidang pertokoan dalam hal ini adalah pihak mini market Sejahtera adalah hendaknya tetap mempertahankan dan meningkatkan mutu kualitas layanan secara keseluruhan dan terus menerus karena hal tersbut mampu mendorong loyalitas konsumen untuk lebih intens berbelanja di mini market sejahtera. 2 ) Sebaiknya ii pihak mini market juga memperhatikan bentuk-bentuk pelayanan baru ( seperti pemenuhan fasilitas fisik yang lebih baik menabah jenis produk pelatihan karyawan mengenai bagaimana melakukan pelayanan terhadap konsumen secara benar memberikan merchandise yang membeli barang dengan total belanja yang besar ) meningkatkan promosi untuk menarik konsumen. 3) memberikan kepercayaan kepada karyawan untuk memberikan layanan prima dimana layanan prima disini maksudnya adalah memberikan layanan dengan sebaik-baiknya bukan memberikan layanan sebaik-sebaiknya agar penjualan meningkat. 4 ) Diharapkan pada penelitian selanjutnya dimasukan variabel-variabel lain menginggat nilai adjusted R square dan R2 yang menunjukan pengaruh atau hubungan dalam penelitian ini sangat kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30400

Actions (login required)

View Item View Item