Hofiyah, Rani Putri (2023) Pengaruh penerapan model pembelajaran self directed learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran pendidikan pancasila siswa Kelas x SMAN 1 Taruna Madani Jawa Timur / Rani Putri Hofiyah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Model pembelajaran dengan menggunakan motode berceramah dikatakan belum efektif dalam kelas tanpa melibatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dari tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruhnya model pembelajaran self directed learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Metode ini menggunakan Quasi Eksperiment dengan bentuk nonquivalent control group design berbantuan IBM SPSS Statistics 25. Subjek penelitian dengan 30 siswa setiap kelas X-H dan X-G. Pengumpulan data menggunakan observasi dan test. Kesimpulan dari hasil analisis diketahui (1) Model pembelajaran self directed learning menggunakan enam sintaks dengan siswa membentuk tim sesuai gaya belajarnya guru membantu mencari kebutuhan lalu siswa mencari literatur lain setelah itu presentasi di kelas (2) Nilai siswa kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil nilai pretest berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 51 3 meningkat menjadi 70 9 setelah adanya perlakuan menggunakan model self directed learning. Sedangkan hasil nilai pretest kelas kontrol sebesar 40 2 meningkat menjadi 50 8 tanpa diberikan perlakuan (3) Hasil hipotesis uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikasi 0 000 lt 0 05 artinya ada pengaruh model self directed learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/303599 |
Actions (login required)
View Item |