Kurniawan, Agung (2023) Pengembangan media pembelajaran greeting card untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa SMP Laboratorium UM dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan / Agung Kurniawan</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Minimnya penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran PPKn berdampak pada partisipasi belajar siswa yang rendah. Kajian ini bertujuan membahas pengembangan media pembelajaran Greeting Card untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa SMP Laboratorium UM dan menghadirkan media pembelajaran interaktif dan inovatif dalam pembelajaran PPKn. Metode yang dipakai adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) Borg dan Gall (1979). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara dan angket. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif persentase. Subjek uji coba pada kajian ini adalah siswa kelas IX H SMP Laboratorium UM. Kajian menunjukan bahwa (1) Media pembelajaran Greeting Card memiliki spesifikasi yang sangat layak sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi dari ahli media dan ahli materi media pembelajaran Greeting Card memiliki kualifikasi sangat baik dari segi media dan segi materi. Adapun berdasarkan uji coba terhadap siswa media pembelajaran Greeting Card memiliki kualifikasi baik dalam pembelajaran. (2) Partisipasi belajar siswa setelah media pembelajaran Greeting Card digunakan pada uji coba terbatas mengalami peningkatan sebesar 5 5 dengan perolehan skor sebesar 74 9 dan memiliki kategori sedang. Pada tahap uji coba lapangan partisipasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14 8 dengan perolehan skor sebesar 76 3 dan memiliki kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/303588 |
Actions (login required)
View Item |