Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kartu seluler (studi pada pengguna kartu seluler IM3 di Kelurahan Sumber Sari Malang) / Sandy Arintoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kartu seluler (studi pada pengguna kartu seluler IM3 di Kelurahan Sumber Sari Malang) / Sandy Arintoko

Sandy Arintoko (2008) Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kartu seluler (studi pada pengguna kartu seluler IM3 di Kelurahan Sumber Sari Malang) / Sandy Arintoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Situasi pasar yang hiperkompetitif menjadikan tidak ada suatu bisnis yang bisa bertahan lama tanpa didukung oleh bauran pemasaran yang efektif dan efisien. Banyaknya pilihan produk yang beredar di pasaran dalam hal ini kartu seluler baik yang berasal dari sesama operator maupun operator yang berbeda menuntut para pemasar untuk dapat menyediakan produk yang berkualitas. Selain itu pemasar juga harus dapat mengembangkan suatu produk yang bermanfaat dan inovatif sesuai dengan harapan konsumen dan kebutuhan pasar. Teknologi komunikasi yang semakin berkembang saat ini membuat peta persaingan antar operator seluler untuk merebut konsumen semakin ketat. Bauran pemasaran (marketing mix) terdiri dari 4P yaitu Produk (product) Harga (price) Distribusi (place) dan Promosi (promotion). Keputusan pembelian suatu produk pada dasarnya merupakan proses pemecahan masalah dimulai dengan usaha konsumen menentukan macam kualitas serta jenis produk mana yang akan dibeli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara 1) produk (product) terhadap keputusan pembelian harga (price) terhadap keputusan pembelian distribusi (place) promosi (promotion) terhadap keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi yang dipilih adalah seluruh pengguna IM3 di kelurahan sumber Sari Malang dengan sampel sebanyak 140 orang. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda (multiple regression). Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (independent variable) dan variabel terikat (dependent variable). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bauran pemasaran sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian konsumen. Hasil dari analisis yang didapat melalui penyebaran kuesioner menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara produk (product) terhadap keputusan pembelian kartu seluler IM3 pada pengguna kartu seluler IM3 di Kelurahan Sumber Sari Malang sebesar 10 84% (2) Ada pengaruh yang signifikan antara harga produk (price) terhadap keputusan pembelian kartu seluler IM3 pada pengguna kartu seluler IM3 di Kelurahan Sumber Sari Malang sebesar 23 4% (3) Ada pengaruh yang signifikan antara saluran distribusi (place) produk terhadap keputusan pembelian kartu seluler IM3 pada pengguna kartu seluler IM3 di Kelurahan Sumber Sari Malang 26 29% (4) Ada pengaruh yang signifikan antara promosi (promotion) terhadap keputusan pembelian kartu seluler IM3 pada pengguna kartu seluler IM3 di Kelurahan Sumber Sari Malang sebesar 9 77% (5) Ada pengaruh secara simultan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kartu seluler IM3 pada pengguna kartu seluler IM3 di Kelurahan Sumber Sari Malang dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 70 3% Fhitung sebesar 80 242 dengan tingkat signifikansi sebesar 0 000 (6) variabel Produk (product) (X3) merupakan sub variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan thitung sebesar 4 523 dengan tingkat signifikansi 0 02 sumbangan efektif sebesar 26 29% serta sumbangan relatif sebesar 37 4%. Saran yang dapat direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) diharapkan perusahaan dapat meminimalkan tingkat kegagalan jaringan (trouble) baik pada saat menerima panggilan maupun pada saat pengiriman SMS (2) perusahaan perlu memberikan variasi harga voucher IM3 lebih banyak lagi. IM3 sebaiknya mengeluarkan voucher harian untuk lebih menarik konsumen (3) perusahaan (Indosat) dapat semakin memperbanyak agen resmi baik di kota-kota besar maupun di daerah terpencil untuk memudahkan pengguna kartu seluler IM3 dalam mendapatkan perdana maupun voucher IM3 (4) IM3 juga harus dapat melakukan kombinasi promosi yang meliputi periklanan personal selling publisitas dan promosi penjualan agar di dapatkan hasil yang lebih optimal yaitu akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat yang berpotensi dalam menggunakan kartu seluler IM3 (5) perusahaan tetap mempertahankan dan meningkatkan kualitas produknya dengan terus menjaga konsistensi kualitas pelayanan dan teknologi yang diterapkan yang berbasis pada keputusan pembelian konsumen Image sebagai produk yang hemat dan kompetitif di kelasnya harus tetap dipertahankan agar tidak sampai menurun kualitasnya yang dapat mengecewakan penggunanya (6) produk (product) merupakan faktor yang dominan memberikan pengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk kartu seluler IM3 dan diharapkan perusahaan dapat meminimalkan tingkat kegagalan jaringan (trouble) baik pada saat menerima panggilan maupun pada saat pengiriman SMS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30246

Actions (login required)

View Item View Item