Pengembangan multimedia interaktif berbasis android menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran pengendali sistem robotik untuk siswa kelas xi smk / Rina Maulidia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis android menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran pengendali sistem robotik untuk siswa kelas xi smk / Rina Maulidia

Maulidia, Rina Maulidia (2023) Pengembangan multimedia interaktif berbasis android menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran pengendali sistem robotik untuk siswa kelas xi smk / Rina Maulidia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Terdapat komponen utama dan komponen pendukung dalam pembelajaran. Adapun komponen pendukung pembelajaran yaitu media metode dan penataan ruang. Pemilihan komponen pendukung perlu mempertimbangkan kebutuhan dan kondisi peserta didik serta fasilitas sekolah namun tetap mengikuti perkembangan teknologi dan informasi. Salah satunya pengembangan komponen pendukung tersebut yaitu penggunaan aplikasi PSR sebagai multimedia pembelajaran yang diakses secara offline. Tujuan dikembangkannya aplikasi ini diantaranya (1) merancang multimedia interaktif berbasis android dengan model discovery learning pada mata pelajaran Pengendali Sistem Robotik (PSR) (2) mengembangkan multimedia interaktif berbasis android dengan model discovery learning pada mata pelajaran Pengendali Sistem Robotik (PSR) (3) implementasi multimedia interaktif berbasis android dengan model discovery learning pada mata pelajaran Pengendali Sistem Robotik (PSR). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Sugiyono (2019) yang telah dimodifikasi. Uji coba produk dilakukan pada kelas XII TEI yang telah menempuh mata pelajaran PSR KD 3.24 KD 3.25 KD 3.26. Sedangkan uji coba pemakaian dilakukan pada kelas X TEI yang belum menempuh mata pelajaran PSR KD 3.24 KD 3.25 KD 3.26. Perolehan hasil rata-rata validasi media adalah 94 817% dengan kategori sangat valid sedangkan hasil rata-rata validasi materi adalah 96 052% dengan kategori sangat valid. Perolehan hasil rata-rata uji coba produk adalah 92 8125% dengan kategori sangat layak sedangkan hasil rata-rata nilai interval mean skor pada uji coba pemakaian adalah 4 559 dengan kategori akseptansi sangat tinggi. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi PSR dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran Pengendali Sistem Robotik (PSR).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/302050

Actions (login required)

View Item View Item