Pengaruh fasilitas bengkel listrik dan kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa di smk turen kabupaten malang / ALDI DAMZA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh fasilitas bengkel listrik dan kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa di smk turen kabupaten malang / ALDI DAMZA

Damza, Aldi Damza (2023) Pengaruh fasilitas bengkel listrik dan kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa di smk turen kabupaten malang / ALDI DAMZA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fasilitas bengkel listrik merupakan fasilitas yang disediakan SMK untuk menunjang kegiatan praktikum jurusan Teknik Instalasi tenaga Listrik berjalan lancar. Kegiatan praktikum di SMK sangat penting karena praktikum memberikan kesempatan siswa untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan sesuai bidangnya. Hal ini berarti praktikum harus ditunjang dengan fasilitas yang memadai agar berjalan lancar. Selain itu fasilitas bengkel yang memadai akan mempermudah dan membuat siswa lebih termotivasi melakukan praktikum tersebut. Kompetensi sosial guru merupakan kemampuan guru berinteraksi dengan individu disekitarnya. Guru yang memiliki kompetensi sosial yang tinggi akan mampu menjaga interaksi dengan individu disekitarnya dengan baik. Interaksi sosial yang terjaga dengan baik terutama dengan siswa akan menimbulkan perasaan senang dalam diri siswa terhadap guru tersebut. Perasaan senang akan diikuti timbulnya motivasi dalam diri siswa sehingga lebih bersemangat untuk mengikuti pembelajaran yang diampu oleh guru tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh fasilitas perbaikan kelistrikan di SMK Turen Kabupaten Malang dan kompetensi sosial instruktur terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan belajar siswa. Kedua analisis deskriptif dan regresi digunakan. Peserta adalah mahasiswa jurusan Teknik Instalasi Listrik SMK Turen Bengkel 1 2 3 dan 4. Metode pengumpulan informasi terdiri dari wawancara survei dan/atau observasi subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) variabel fasilitas bengkel listrik berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa SMK Turen sebesar 33 1% dengan sumbangan efektif sebesar 20 9% (2) variabel kompetensi sosial guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 33 7% dengan sumbangan efektif sebesar 21 9% dan (3) variabel fasilitas bengkel listrik dan kompetensi sosial guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2023 04:29
Last Modified: 24 Sep 2024 02:02
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/302045

Actions (login required)

View Item View Item