Sinergi implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar teknik ketenagalistrikan di smkn 1 sidoarjo / Cyndy Aprilia Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Sinergi implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar teknik ketenagalistrikan di smkn 1 sidoarjo / Cyndy Aprilia Ningrum

Ningrum, Cyndy Aprilia Ningrum (2023) Sinergi implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar teknik ketenagalistrikan di smkn 1 sidoarjo / Cyndy Aprilia Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan akan selalu berkaitan dengan kurikulum. Tanpa adanya kurikulum tidak mungkin pendidikan dapat berjalan dengan baik efektif dan efisien sesuai yang diharapkan. Setiap perubahan kurikulum pada satuan pendidikan mempunyai dasar yang kuat. Perubahan kurikulum tidak terlepas dari perkembangan zaman yang sudah serba digital. Sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel Kemdikbudristek mengembangkan Kurikulum Merdeka dengan berfokus pada esensi pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Sistem pendidikan yang baik dapat diwujudkan melalui evaluasi pendidikan. Salah satu model evaluasi yang umum digunakan dalam pembelajaran adalah model keputusan yang dikembangkan oleh Stufflebeam yang dikenal dengan CIPP (Context Input Process dan Product). Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan desain mixed method menggunakan strategi eksplanatori sekuensial dengan subyek penelitian sejumlah 36 siswa pada kelas X TITL 2 tahun pelajaran 2022/2023. di SMKN 1 Sidoarjo Teknik pengumpulan data menggunakan angket post-test observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan untuk data kuantitatif ialah analisis deskriptif dengan menggunakan uji prasyarat dan uji efektivitas (t-test) sedangkan data kualitatif menggunakan analisis deskriptif. Pada penelitian ini diketahui bahwa hasil evaluasi pada aspek context input process product (CIPP) pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran dasar-dasar teknik ketenagalistrikan di SMKN 1 Sidoarjo termasuk dalam kategori baik. Kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru sudah cukup baik dengan dibuktikan hasil deskriptif data observasi sebesar 85% atau dalam kategori baik didukung juga dari aspek siswa dengan hasil nilai rata-rata (mean) pada angket sebesar 62 67 dengan persentase 47% atau dalam kategori baik. Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka efektif dilaksanakan dengan nilai rata-rata tes formatif siswa pada pembelajaran Kurikulum Merdeka mata pelajaran dasar-dasar teknik ketenagalistrikan lebih tinggi yakni 82 85. Sedangkan hasil nilai rata-rata tes formatif siswa pada pembelajaran Kurikulum 2013 mata pelajaran dasar listrik dan elektronika adalah 76 06.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/302041

Actions (login required)

View Item View Item